Wisata Pantai Loang Balok Dipenuhi Sampah, Dispar Kota Mataram Butuh Bantuan | Borneotribun.com -->

Sabtu, 30 Januari 2021

Wisata Pantai Loang Balok Dipenuhi Sampah, Dispar Kota Mataram Butuh Bantuan

Wisata Pantai Loang Balok Dipenuhi Sampah, Dispar Kota Mataram Butuh Bantuan.

BORNEOTRIBUN | MATARAM - Pantai Loang Baloq, Kota Mataram kembali dipenuhi sampah. Kondisi ini membuat pengunjung terganggu.

“Pantainya memprihatinkan sekali kondisinya. Banyak sekali tumpukan sampahnya,” ujar Dian, salah satu pengunjung yang kami temui saat kami berkunjung sabtu (30/01/2021).

Padahal, Loang Baloq menjadi salah satu pantai andalan Pemkot Mataram. Miliaran anggaran digelontorkan untuk membenahi pantai ini. Misalnya saja tahun ini kawasan wisata Pantai Loang Baloq akan diguyur Rp 11 miliar.

Namun kondisinya justru memprihatinkan. Sampah berserakan di mana-mana membuat pemandangan Pantai Loang Baloq terkesan kumuh dan tidak terurus.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi mengaku Loang Baloq memang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Mataram. Namun Dinas Pariwisata dikatakannya tak punya alat dan tenaga untuk membersihkan.

“Jadi kami akan minta tolong keterlibatan Dinas Lingkungan Hidup untuk membantu membersihkannya,” kata dia.

Sementara Kabid Destinasi Vidi Partisan Gamanjaya mengaku akan berkoordinasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Loang Baloq dalam menangani persoalan sampah ini. “Mereka (Pokdarwis) sering melakukan kegiatan bersih pantai. Kami di Dinas Pariwisata sudah memberikan bantuan karung dan tong sampah yang pakai roda,” terangnya.

Diakuinya, Loang Baloq saat ini menjadi destinasi yang ada di bawah naungan Dinas Pariwisata kota mataram . Namun untuk mengelola secara maksimal termasuk penanganan sampah, dibutuhkan keberadaan UPTD dan masyarakat pengunjung untuk tidak membuang sampah nya di seputar itu. Sehingga untuk sementara waktu penanganan sampah diharapkan bisa dibantu Pokdarwis. (Ad)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar