Iklan

logo

Mencegah Dokumen bebas covid palsu, pintu masuk NTB di perketat

BorneoTribun
2/02/2021 05:05:00 PM Last Updated 2021-02-02T10:05:06Z
Mencegah Dokumen bebas covid palsu, pintu masuk NTB di perketat.

BorneoTribun | Mataram, NTB -Untuk mencegah penyebaran covid-19, pemeriksaan di pintu masuk NTB bakal diperketat. Langkah ini untuk mengantisipasi praktik pemalsuan surat keterangan bebas covid.

”Pemeriksaan harus lebih diperketat lagi,” kata Wakil Ketua Satgas Hj Sitti Rohmi Djalilah, Jumat (29/1).
Pemeriksaan lebih ketat dan rinci harus dilakukan di bandara hingga pelabuhan. Terhadap setiap orang yang datang dan keluar NTB. Guna memastikan surat keterangan bebas covid diperoleh dengan cara yang benar. Bukan dipalsukan.

Atensi Rohmi berkaitan dengan keberhasilan Polda NTB membongkar praktik pemalsuan surat rapid antigen. Surat palsu itu hendak digunakan 15 orang untuk pergi ke Bali melalui Pelabuhan Lembar.

”Bisa saja ada celah. Makanya itu, harus betul-betul diperketat. Supaya tidak ada virus yang masuk ke NTB dan sebaliknya,” tutur Rohmi.

Asisten III Setda NTB dr Hj Nurhandini Eka Dewi mengatakan, ada 34 fasilitas pelayanan kesehatan di NTB yang bisa mengeluarkan surat keterangan rapid antigen. Seluruhnya sudah disupervisi Dinas Kesehatan NTB bersama tim dari Himpunan Ahli Patologi Klinik. ”Daftar itu kemudian masuk di dalam eHAC,” kata Eka.

Electronic Health Alert Card atau eHAC, merupakan aplikasi yang wajib diisi calon penumpang sebelum bepergian. Di sana berisi informasi mengenai asal dan daerah tujuan. Termasuk mengenai kondisi kesehatan.

Hanya saja, pemeriksaan eHAC saat ini baru bisa dioptimalkan di bandara. Sementara di pintu masuk dan keluar lainnya, seperti pelabuhan, belum bisa dilakukan. Sehingga rentan terjadi munculnya dokumen palsu untuk surat keterangan bebas covid.

Pemalsuan surat bebas covid memang bukan hal baru, kata Eka. Penyebabnya bisa dari mana saja. Misalnya, mantan karyawan dari klinik yang melayani dan mengeluarkan surat bebas covid melalui tes antigen. Atau bisa juga hasil scan dari dokumen asli dan diedit sesuai keperluan. Seperti yang diungkap Polda NTB.

Dari beberapa kasus yang di tindak tersebut ternyata kebanyakan dari orang dalam daerah kita yang saat ini bekerja di luar kota, kata asisten III setda tersebut.(Adbravo)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mencegah Dokumen bebas covid palsu, pintu masuk NTB di perketat

Terkini di BorneoTribun