Kapolsek Sebangki dan Ketua DAD bahas Acara Adat Balala Pantang Nagari | Borneotribun.com -->

Jumat, 28 Mei 2021

Kapolsek Sebangki dan Ketua DAD bahas Acara Adat Balala Pantang Nagari

Kapolsek Sebangki dan Ketua DAD bahas Acara Adat Balala Pantang Nagari
Kapolsek Sebangki dan Ketua DAD bahas Acara Adat Balala Pantang Nagari.

BorneoTribun Landak, Kalbar - Kapolsek Sebangki Ipda Didik Pramono,SH.MH yang di dampingi oleh Dua Anggotanya Kasi Humas Aipda Arifin dan Kanit Binmas Bripka Suriansyah menjumpai Ketua DAD Sebangki, Marjuki, Rabu kemarin (26/5) Malam.

Mereka dalam hal itu membahas ritual Adat Balala Pantang Nagari yang akan dilaksanakan di Desa Kumpang dan Sei Segak Kecamatan Sebangki.

Acara adat digelar dalam rangka mencegah virus Corona yang sangat berbahaya sehingga di lakukan adat tersebut agar bisa mengurangi menular virus Corona.

Ketua DAD Sebangki, Marjuki menerangkan bahwa kegiatan upacara adat Balala Nagari adalah merupakan salah satu kearifan lokal masyarakat Dayak di kecamatan Sebangki.

"Hal tersebut dalam rangka menolak kuasa jahat atau segala penyakit yang datang di tengah-tengah masyarakat, khususnya untuk mencegah terjadinya virus Corona jangan sampai meluas di Kecamatan Sebangki ataupun supaya tidak mudah lagi terjangkit wabah virus corona," katanya

Terlebih lagi, kata Ketua DAD, bahwa ini merupakan bagian dari kearifan budaya lokal masyarakat di Kecamatan Sebangki.

"Digelar acara adat tersebut, untuk mencegah atau melindungi masyarakat dari berbagai musibah atau malapetaka dan Apabila ada warga masyarakat yang melanggar aturan balala tersebut akan dikenai sanksi adat," jelas Ketua DAD Sebangki.

Sementara, Kapolsek Sebangki Ipda Didik Pramono, SH.MH menuturkan ketika kegiatan adat Balala Pantang Nagari yang akan di laksanakan pada hari Jumat tanggal 28 Mei 2021 dari jam 14.00 wib sampai dengan 18.00 wib kami sebagai anggota Polsek Sebangki bersama Masyarakat lainnya akan mendukung adat tersebut.

"Kami mendukung acara adat Balala Pantang Nagari demi untuk mengusir wabah virus Corona agar tidak lagi terjangkit virus Corona ataupun menjadi korban yang berakibatkan kematian," Ujarnya

"Semoga ke depannya virus Corona cepat berakhir setelah di laksanakan adat Balala Pantang Nagari sehingga Masyarakat Kecamatan Sebangki bisa melakukan aktifitas seperti biasa," Ungkap Kapolsek

Oleh: Rinto Andreas/Arifin

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar