Iklan

logo

Kekurangan Pekerja, Restoran Sewa Robot untuk Layani Pelanggan

BorneoTribun
6/18/2021 11:00:00 AM Last Updated 2021-06-18T04:00:00Z
Kekurangan Pekerja, Restoran Sewa Robot untuk Layani Pelanggan
ILUSTRASI. Gambar iStock

BORNEOTRIBUN JAKARTA - Seorang pemilik restoran di kota Ocean City, New Jersey, mengatakan, kekurangan tenaga kerja yang parah di kota resor pantai Jersey menyebabkan mereka harus menyewa sebuah robot untuk membantu membawa baki-baki berisi pesanan makanan ke meja-meja pelanggan.

Peanut adalah robot pekerja di restoran Island Grill Seafood & Steak House, New Jersey.

Robot yang mengantarkan pesanan makanan ke meja-meja pengunjung itu, disewa dari perusahaan Richtech Robotics seharga $ 2.000 setiap bulan, kata Andrew Yoa, koki yang bersama istrinya, Allison, memiliki restoran tersebut. ​

Robot yang membantu mengantar pesanan makanan kepada pelanggan di restoran (foto: ilustrasi).

"Jadi tahun ini, kami memiliki sebuah tantangan besar yaitu mendapatkan staf lagi. Pada tahun 2019, kami memiliki sekitar 87 pegawai. Tahun lalu, dengan adanya pandemi COVID, kami hanya menerima pesanan untuk makan di dalam restoran dan memiliki sekitar 21 pegawai. Jadi tahun ini, agar restoran dapat dibuka untuk makan pagi, makan siang dan makan malam, kami membutuhkan sekitar 80 pegawai. Saat ini, kami hanya memiliki pegawai antara 25 hingga mendekati 30. Karena itu kami tidak bisa buka untuk makan pagi dan makan siang. Jadi kami membutuhkan tenaga tambahan dan inilah salah satu jalan keluarnya, yaitu robot Peanut, yang dapat mengantarkan makanan pesanan dan membersihkan meja," jelas Andrew.

Ia menambahkan, robot itu menggantikan tenaga empat pekerja dan tidak membutuhkan waktu istirahat atau uang tips.

Pandemi virus corona yang berlangsung lebih dari setahun menyebabkan perekonomian menurun tajam dan jumlah orang kehilangan pekerjaan memecahkan rekor. Namun pemulihan yang terjadi dengan cepat, yang tidak diperkirakan sebelumnya, membuat kebanyakan perusahaan tidak dapat segera mengisi lowongan pekerjaan atau mendapatkan cukup pasokan untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Chef Yoa melihat sebuah diskusi online tentang robot dan mengatakan, ia menyewa robot Peanut karena merasa putus asa ingin menghasilkan pendapatan pada musim panas ini. Bisnisnya tidak menghasilkan pendapatan selama pandemi tahun lalu.

Robot barista ini membantu mengantar pesanan kopi kepada pelanggan (foto: ilustrasi).

Robot itu terhubung ke wi-fi restoran dan bernavigasi menggunakan sensor yang dipasang di langit-langit restoran.

Yoa mengatakan, robot Peanut menyediakan “tangan tambahan” untuk membawa baki-baki berisi makanan sehingga pramusaji tidak perlu masuk ke dapur untuk mengambil pesanan makanan dan tetap dapat berinteraksi dengan pelanggan.

Pramusaji restoran juga tidak perlu membawa baki makanan yang berat, itu artinya, akan mengurangi rasa lelah mereka.

Kristin Hahn, seorang pelanggan dari Hanover, Pennsylvania, yang sedang mengunjungi restoran itu mengatakan,​ "Robot itu menolong pramusaji untuk membawa makanan ke meja, dan itu lebih mudah dibandingkan jika si pramusaji harus membawanya sendiri."

Pelanggan lainnya, Michelle Simone, sambil tertawa mengatakan, "Saya ingin meninju robot itu. Suara robot itu menyeramkan. No, thank you."

Namun chef Yoa mengatakan, jika ia dapat memiliki cukup pegawai untuk bekerja di restorannya, ia mungkin akan memecat Peanut karena robot hanya bekerja jika seseorang memberinya perintah. [lj/uh]

Oleh: VOA
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kekurangan Pekerja, Restoran Sewa Robot untuk Layani Pelanggan

Terkini di BorneoTribun