Iklan

logo

Keluarga Besar Muhammadiyah Kapuas Hulu Adakan Halal Bihalal

BorneoTribun
6/02/2021 05:41:00 AM Last Updated 2021-06-01T22:41:46Z
Keluarga Besar Muhammadiyah Kapuas Hulu Adakan Halal Bihalal
Keluarga Besar Muhammadiyah Kapuas Hulu Adakan Halal Bihalal

BorneoTribun Kapuas Hulu - Dalam rangka menyambung silaturahmi setelah hari besar Islam Idhul Fitri, Keluarga Besar Muhammadiyah Kabupaten Kapuas Hulu mengadakan Halal bihalal.

Halal bihalal ini dilaksanakan pada Minggu, 30 Mei 2021 di Gedung Sekretariat Muhammadiyah ‘Aisyiyah Kab.Kapuas Hulu dan dihadiri oleh seluruh perwakilan Organisasi Muhammadiyah yang ada di Kab.Kapuas Hulu.

Halal bi halal adalah saling bermaafan di hari lebaran. Lebih tepatnya halal bi halal adalah kegiatan silaturahmi di mana diisi dengan saling maaf memaafkan selama hari raya idul fitri. 

Halal bi halal sudah menjadi tradisi di Indonesia. Walaupun kata halal bi halal merupakan kata dari Bahasa Arab, namun orang Arab tidak akan mengerti maknanya karena halal bi halal ini hanya ada di Indonesia dan merupakan kreasi sendiri orang Indonesia.

Makna halal bi halal yaitu silaturahmi dan saling memaafkan. Seperti yang telah diketahui, halal bi halal adalah kegiatan silaturahmi dan asling memaafkan yang merupakan risalah islam, dan makna halal bi halal ini tidak terbatas hanya pada saat idul fitri saja. Adapun tujuannya adalah sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW berikut:

“Barangsiapa yang telah menganiaya kepada orang lain baik dengan cara menghilangkan kehormatannya ataupun dengan sesuatu yang lain maka mintalah halalnya pada orang tersebut seketika itu, sebelum adanya dinar dan dirham tidak laku lagi (sebelum mati). Apabila belum meminta halal sudah mati, dan orang yang menganiaya tadi mempunyai amal sholeh maka diambilah amal sholehnya sebanding dengan penganiayaannya tadi. Dan apabila tidak punya amal sholeh maka amal jelek orang yang dianiaya akan diberikan pada orang yang menganiaya”. (HR. Al Bukhori)

Yeni Budi Hastuti selaku sekretaris umum Pimpinan ‘Aisyiyah Kab.Kapuas Hulu mengatakan bahwa walaupun dimasa pandemi seperti sekarang, kegiatan Halal bi halal ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Ini juga untuk mencegah adanya klaster baru covid sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus ini terkhusus di Kapuas Hulu.

“Dengan diadakannya kegiatan Halal bi halal ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan bermaafan atas segala kesalahan dan kekhilafan yang terjadi, sehingga dapat mengubah hubungan sesama manusia dari benci menjadi senang serta dari sombong menjadi rendah hati.” Ujar Yeni. 

(YK/US/HMS)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Keluarga Besar Muhammadiyah Kapuas Hulu Adakan Halal Bihalal

Terkini di BorneoTribun