Iklan

logo

Mahasiswa Komunikasi Unismuh Ini Merasakan Jadi Jurnalis Saat Magang di RRI Makassar

BorneoTribun
6/24/2021 07:25:00 PM Last Updated 2021-06-24T12:25:35Z
Mahasiswa Komunikasi Unismuh Ini Merasakan Jadi Jurnalis Saat Magang di RRI Makassar
Mahasiswa Komunikasi Unismuh Ini Merasakan Jadi Jurnalis Saat Magang di RRI Makassar.

BORNEOTRIBUN MAKASSAR - Para mahasiswa ilmu komunikasi akan merasakan magang di instansi ataupun media.  Pada proses magang tersebut, mahasiswa akan mengimplementasikan teori yang didapat dari dosen di kelas.

Termasuk mahasiswa Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar mendapat kesempatan mengikuti proses magang di LPP RRI Makassar yang merupakan kegiatan Kemendikbud RI, yakni Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) mulai Oktober 2020 hingga Januari 2021.

Mahasiswa Komunikasi Unismuh Ini Merasakan Jadi Jurnalis Saat Magang di RRI Makassar.

Kepada media Kamis (24/6/2021) salah seorang mahasiswa ilmu komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Natasyah Dewanty, mengungkapkan selama proses magang, ilmu jurnalistik yang diperoleh di kampus bisa diimplementasikan. 

Ilmu yang kita dapatkan di dalam kelas bisa diterapkan pada saat proses magang. Kami juga diajarkan bagaimana proses produksi berita, mulai dari mencari hingga berita itu disiarkan, katanya. 

Selama magang pada lembaga penyiaran pemerintah ini, dia benar-benar merasakan menjadi seorang jurnalis, turun ke lapangan atau tempat kejadian perkara, ungkapnya. 

Selain itu, ia juga senang bertemu dan mewawancarai banyak orang. Dari sekian banyak liputan, pengalaman yang berkesan adalah saat meliput pemusnahan narkotika di halaman depan Gedung BNNP Sulsel.

Tidak hanya pada bidang pemberitaan, para mahasiswa tersebut juga diajarkan bagaimana proses produksi siara radio. Mulai dari membuat Daftar Acara Siaran (DAS), hingga membuat naskah sandiwara radio.

Bersama teman-teman yang lain juga pernah membuat naskah sandiwara radio, banyak hal yang kami pelajari saat pembuatan naskah tersebut. Setelah naskahnya jadi, kami juga mengikuti proses tapping.

Hal tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami, karena hasil tapping tersebut akan ditayangkan di segmen sandiwara radio RRI, jelasnya. 

Mengikuti proses magang selama tiga bulan, mendapat banyak pengalaman baru yang tentunya belum pernah dirasakan selama proses perkuliahan di kelas.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang ikut jadi peserta magang di RRI Makassar yakni,  Natasyah Dewanty, Asri Fathia Dewi, Siti Nurkholisa, Andi Mufidatunnisa, Nur Suqya Rahma, dan Andi Aswin Putra. 

Oleh: Ulla/Yahya
Editor: Yakop
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa Komunikasi Unismuh Ini Merasakan Jadi Jurnalis Saat Magang di RRI Makassar

Terkini di BorneoTribun