Iklan

logo

Pancasila Senjata Ampuh Atasi Persoalan Bangsa

BorneoTribun
6/01/2021 06:14:00 AM Last Updated 2021-05-31T23:14:07Z
Pancasila Senjata Ampuh Atasi Persoalan Bangsa
Seskab Pramono Anung (Foto: Humas Setkab/Agung)

BORNEOTRIBUN JAKARTA - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyampaikan, Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia merupakan senjata ampuh untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa.

“Pancasila sebagai ideologi yang hidup di bangsa ini, yang tumbuh dan berkembang dari bangsanya selalu terbukti menjadi penyelesai berbagai persoalan bangsa Indonesia,” ujarnya menyambut Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 yang jatuh pada Selasa (01/06/2021).

Seskab meyakini bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila juga telah diterapkan dalam kehidupan bangsa Indonesia.

“Kita tahu bahwa masyarakat Indonesia telah terbukti, berbagai individu, mereka menerapkan Pancasila dalam kehidupan keseharian. Nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan dan kesatuan, musyawarah mufakat, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah inti dan sejatinya dari Pancasila,” tuturnya.

Begitu juga di kala bangsa Indonesia berjuang untuk mengatasi dan bangkit dari pandemi saat ini. Seskab menilai, semangat gotong royong yang ditunjukkan segenap komponen bangsa adalah wujud dari pengamalan nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Salah satu makna yang penting dan terpenting dalam Pancasila ketika menghadapi COVID-19 adalah gotong royong. Dengan gotong royong kita melihat bangsa Indonesia menyelesaikan banyak hal, termasuk menyelesaikan persoalan COVID-19,” ujarnya.

Menutup pernyataannya Pramono Anung mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk tetap konsisten dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari kita menerapkan Pancasila dalam semua lini kehidupan demi kemajuan bangsa dan negara. Merdeka!,” pungkasnya. 

(MAY/UN)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pancasila Senjata Ampuh Atasi Persoalan Bangsa

Terkini di BorneoTribun