TNI AL Temukan Anak Ditengah Laut Berjarak 45km dari Daratan Banten | Borneotribun.com -->

Senin, 21 Juni 2021

TNI AL Temukan Anak Ditengah Laut Berjarak 45km dari Daratan Banten


BORNEOTRIBUN.COM -- KRI Sembilang (SBL)-850 menemukan seorang anak terapung-apung di tengah laut sekitar 25 NM atau sekitar 45 KM dari daratan Banten. Anak berjenis kelamin pria itu diduga terjatuh ke laut dari sebuah kapal penyeberangan dari Kronjo Banten menuju Pulau Harapan, di Perairan Kepulauan Seribu, Jumat kemarin (18/6).

Video penyelamatan pelajar SMP itu kemudian viral di media sosial, Instagram. Komandan KRI Sembilang-850, Mayor Laut (P) Nanang Khunaifi mengatakan, penyelamatan dilakukan sekitar pukul 08.30 WIB. KRI Sembilang-850 saat itu sedang melaksanakan patroli keamanan laut di perairan Barat Laut Pulau Laki.

"Melalui juru pengawasnya melihat kontak visual benda terapung di haluan lambung kiri dengan jarak 100 meter. Setelah mendekat kurang lebih jarak 50 meter, terlihat sosok seseorang sedang terapung-apung," kata Nanang dalam keterangan tertulis, Minggu (20/6).

Komandan KRI SBL-850 memerintahkan Peran Pertolongan Orang Jatuh di Laut, selanjutnya menurunkan perahu sekoci di perairan Barat Laut Pulau Laki sekitar 25 NM dari daratan Banten untuk melaksanakan evakuasi.

"Anak tersebut berusaha mempertahankan daya apungnya berenang tanpa arah karena sekelilingnya tidak terlihat daratan. Oleh tim rescue dinaikan ke atas sekoci selanjutnya dibawa menuju KRI Sembilang-850 untuk dilaksanakan pertolongan pertama,” ungkap Nanang.

Setelah ditanya, diketahui anak tersebut bernama Ridho Ilhami (14) pelajar asal Pulau Harapan Kepulauan Seribu. Bocah itu mengaku naik kapal penyeberangan (speed) dari Kronjo Banten hendak pulang menuju Pulau Harapan. Namun diperjalanan dia terjatuh dari speed dan berusaha mengapung selama 3 jam sampai dengan ditemukan KRI yang sedang berpatroli.

"Korban diantarkan menuju Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Untung Jawa yang selanjutnya dipertemukan dengan keluarganya," pungkasnya. (*)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar