China Evakuasi Warganya dari Afghanistan | Borneotribun.com -->

Sabtu, 10 Juli 2021

China Evakuasi Warganya dari Afghanistan

China Evakuasi Warganya dari Afghanistan
China Evakuasi Warganya dari Afghanistan.

BORNEOTRIBUN -- China telah mengirim pesawat untuk membawa pulang 210 warganya dari Afghanistan, kata media pemerintah, Jumat (9/7).

Keputusan China ini diambil setelah militer AS bersiap untuk meninggalkan Afghanistan dan situasi keamanan semakin mencekam di negara itu.

Surat kabar Global Times yang diterbitkan oleh Partai Komunis yang berkuasa mengatakan pesawat Xiamen Airlines berangkat pada tanggal 2 Juli dari ibu kota Kabul dan mendarat di pPovinsi Hubei, China, pada hari yang sama.

Maskapai itu mengonfirmasi laporan tersebut dalam sebuah posting di akun Weibo --  semacam  Twitter -- tetapi tidak memberikan rincian tambahan.

Global Times dan sejumlah media lain melaporkan, 22 dari mereka yang berada di dalam pesawat itu  dinyatakan positif COVID-19, meskipun angka-angka itu tidak muncul dalam laporan harian Komisi Kesehatan Nasional tentang kasus-kasus baru.

Pasukan AS dijadwalkan meninggalkan Afghanistan pada 31 Agustus setelah hampir 20 tahun memerangi Taliban. 

Perusahaan-perusahaan China telah berinvestasi di pertambangan dan infrastruktur Afghanistan, tetapi aset-aset itu tampaknya semakin terancam karena Taliban merebut sejumlah besar wilayah, yang mungkin menempatkan Kabul dalam bahaya. [ab/uh]

VOA

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar