Iklan

logo

Luke Shaw Cetak Rekor Gol Tercepat Final Piala Eropa, Sebelumnya Dipegang Chus Pereda di Tahun 1964

BorneoTribun
7/12/2021 04:20:00 AM Last Updated 2021-07-11T21:27:33Z
Luke Shaw Cetak Rekor Gol Tercepat Final Piala Eropa, Sebelumnya Dipegang Chus Pereda di Tahun 1964
Luke Shaw Pemain Inggris Euro 2020.

BORNEO TRIBUN -- Luke Shaw pemain Inggris cetak rekor sebagai pencetak gol tercepat pada final Piala Eropa.

Dilansir dari halaman resmi UEFA mencatat pada menit ke 1 57 detik Luke Shaw mencetak golnya ke gawang Italia.

Dengan catatan waktu tersebut, Luke Shaw melampaui rekor gol tercepat final Euro.

Waktu tercepat sebelumnya dipegang Chus Pereda untuk Spanyol pada menit keenam dalam final Euro 1964 kontra Uni Soviet.

Pada babak pertama dalam laga puncak Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, London, Minggu waktu setempat (Senin WIB) Inggris memimpin atas Italia.

Gol itu bermula dari keberhasilan Inggris mengantisipasi situasi sepak pojok Italia, tetapi tim besutan Gareth Southgate tidak terburu-buru melakukan serangan balik.

Perjudian Southgate melakukan satu pergantian susunan pemain dibandingkan semifinal dengan memasukkan Kieran Trippier juga berbuah manis, sebab bek sayap Atletico Madrid itu lah yang mengirimkan assist untuk gol Shaw.

Trippier dengan cermat menyaksikan pergerakan Shaw yang berdiri relatif tanpa kawalan di area tiang jauh dan mengirimkan umpan silangnya yang cukup akurat.

Dengan waktu yang cukup leluasa, Shaw melepaskan tembakan voli yang sempat membentur tiang sebelum bersarang ke gawang Italia memperdaya kiper Gianluigi Donnarumma.

Gol itu sekaligus gol perdana Shaw bersama The Three Lions dan memperbesar harapan publik Wembley yang tentunya menginginkan Inggris mengangkat trofi Henri Delauney ketika pertandingan final berakhir.

Gol Rekor Shaw bawa Inggris memimpin pada Babak Pertama Final Euro 2020


Pemain Inggris merayakan gol di babak pertama final Piala Eropa 2020
Foto: Pemain Inggris merayakan gol di babak pertama final Piala Eropa 2020.

Satu gol sarat rekor yang dicetak Luke Shaw membawa tim nasional Inggris memimpin 1-0 atas Italia hingga babak pertama berakhir dalam final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Gol yang dicetak Shaw satu menit dan 57 detik selepas sepak mula itu membuat namanya tercatat sejarah sebagai pencetak gol tercepat dalam final Euro sepanjang masa, demikian catatan laman resmi UEFA.

Di hadapan atmosfer 60 ribu penonton yang memadati tribun Wembley, Inggris tampil percaya diri dan mampu membuka keunggulan saat pertandingan bahkan belum genap berusia dua menit.

Seusai meredam situasi sepak pojok Italia, Inggris melancarkan serangan balik yang diakhiri umpan silang cermat Kieran Trippier ke tandemnya sesama bek sayap, Shaw, yang tanpa kawalan berarti di area tiang jauh.

Shaw menyambutnya dengan tembakan voli yang membuat mati langkah kiper Gianluigi Donnarumma untuk mencetak gol pertamanya bagi Inggris, sekaligus mencetak gol tercepat di final Euro.

Italia memperoleh peluang bagus untuk membalas lewat situasi tendangan bebas di dekat kotak penalti pada menit keenam, sayang eksekusi Lorenzo Insigne masih terlalu tinggi di atas mistar gawang.

Pola serangan yang mirip seperti gol pertama kembali dilancarkan Inggris, sayang kali ini umpan silang Trippier dari sisi kanan tak menemui satu pun rekannya di dalam kotak penalti Italia.

Italia berusaha bangkit dan relatif mampu mengendalikan permainan kendati sempat dilanda kekhawatiran ketika Jorginho tampak meringis kesakitan cedera.

Sayangnya, gelombang serangan Italia tak kunjung membuahkan hasil hingga peluit tanda turun minum terdengar di Wembley dan Inggris masih memimpin 1-0 saat babak pertama serta empat menit injury time berakhir.(*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Luke Shaw Cetak Rekor Gol Tercepat Final Piala Eropa, Sebelumnya Dipegang Chus Pereda di Tahun 1964

Terkini di BorneoTribun