Iklan

logo

Yoga mata beri Relaksasi di tengah Serbuan Acara Virtual, Manfaat Vitamin C,D,E, dan Zinc yang diberikan pada pasien COVID-19

BorneoTribun
7/09/2021 05:40:00 AM Last Updated 2021-07-08T22:40:53Z
Yoga mata beri Relaksasi di tengah Serbuan Acara Virtual, Manfaat Vitamin C,D,E, dan Zinc yang diberikan pada pasien COVID-19

Manfaat Vitamin C,D,E, dan Zinc yang diberikan pada pasien COVID-19


Vitamin C,D,E, dan multivitamin yang mengandung Zinc menjadi vitamin yang disarankan untuk dikonsumsi oleh pasien COVID-19. Namun apakah sebenarnya manfaat dari kandungan obat- obatan itu?

Medical Senior Manager PT Kalbe Farma Dokter Esther Kristiningrum membagikan beberapa fakta mengenai manfaat dari kandungan vitamin dan Zinc untuk membantu pemulihan tubuh seseorang yang terpapar SARS-CoV-2.


“Vitamin C itu berguna untuk aktivitas antioksidan dan antiinflamasi. Ia berfungsi sebagai imunomodulator untuk mendukung proliferasi, neutrofil, monosit, fagosit dan meningkatkan kemotaksis dan kemampuan fagosit neutrofil serta meningkatkan aktivitas tubuh,” kata dokter Esther dalam keterangannya ditulis, Kamis.


Selanjutnya untuk kandungan vitamin D, dokter Esther memiliki fungsi umum membantu efek antiinflamasi di dalam tubuh dan meningkatkan respon dari imun bawaan.

Secara ilmiah vitamin ini dapat meningkatkan barier epitel dan meregulasi respons dari imunitas.

Untuk vitamin E, pada orang yang mengonsumsinya akan terdapat manfaat produksi antibodi. Vitamin yang juga dikenal memberikan manfaat antioksidan ini juga turut membantu tubuh mempertahankan integritas membran sel, meningkatkan aktivitas makrofag, sel NK, serta meningkatkan proliferasi sel limfosit T.

Terakhir untuk kandungan Zinc, multivitamin dengan kandungan Zinc diberikan pada penderita COVID-19 untuk bisa membantu tubuh menghambat replikasi virus.

Kandungan ini berfungsi menjaga barrier epitel dan mukosiliar saluran napas, menjadi kofaktor penting pada beberapa enzim yang terlibat pada sistem imun, meningkatkan aktivitas sel NK & makrofag, berperan pada proliferasi, diferensiasi, maturasi limfosit dan leukosit lainnya.

Melihat manfaat- manfaat tersebut maka dari itu penting bagi penderita COVID-19 mengonsumsi vitamin C,D,E, dan Zinc.

Vitamin dan Zinc juga termasuk dalam paket obat yang diberikan lewat 11 layanan telemedisin untuk membantu masyarakat Indonesia menjalankan proses isolasi mandiri jika terpapar COVID-19 jika mengalami gejala ringan atau bahkan tanpa gejala.

Lewat layanan telemedisin, masyarakat dapat mendapatkan konsultasi dengan dokter dan diberikan resep paket obat selama 10 hari menjalankan penanganan isolasi mandiri.

Kalbe Farma melalui anak usahanya yaitu KlikDokter turut terlibat dalam pemberian layanan telemedisin isolasi mandiri yang digagas oleh Kementerian Kesehatan RI.

Ada pun layanan telemedisin lainnya yang bisa menjadi rujukan untuk pengobatan COVID-19 lewat isolasi mandiri selain KlikDokter di antaranya aplikasi AloDokter, GoodDoctor, Halodoc, Klinikgo, SehatQ, YesDok, ProSehat, LinkSehat, MILVIK, dan Getwell.

Aplikasi ini bisa diunduh dan dipasang di ponsel pintar anda baik di Android maupun IPhone.

Yoga mata beri Relaksasi di tengah Serbuan Acara Virtual


Di tengah pandemi COVID-19 kegiatan virtual menjadi salah satu alternatif untuk berkegiatan, namun tentu sering kita alami momen mata yang merasakan kelelahan.

Yoga mata rupanya bisa memberikan relaksasi bagi mata anda yang kelelahan di tengah serbuan acara virtual itu.

Selama pandemi, semua kegiatan dilaksanakan secara virtual dan tentunya telah meningkatkan waktu kita memandang layar gadget.

Ini tentu melelahkan mata mulai dari anak- anak hingga orang dewasa.

"Dengan yoga mata anda bisa memberi waktu untuk mata beristirahat dan merelaksasikannya,” kata seorang spesialis Yoga Mata dan Nutrisionis asal India Siddhi Shah seperti dikutip dari Tribune India, Kamis.

Siddhi menyarankan, yoga mata bisa dilakukan di setiap waktu lenggang agar momen relaksasi bisa dirasakan dengan baik. 

Ada pun berikut beberapa cara melakukan yoga mata yang dianjurkan oleh Siddhi.

Cara yang pertama tutup mata anda, ambil beberapa tarikan nafas yang dalam untuk menciptakan tubuh yang lebih rileks.

Gosok kedua telapak tangan anda hingga terasa hangat lalu letakan kedua telapak tangan anda di bagian mata, tahan posisi itu hingga telapak tangan anda terasa hangat. Teknik ini dikenal sebagai palming.

Cara kedua setiap 20 menit sekali setelah menggunakan gadget, istirahatkan mata dengan kurun waktu 29 menit dengan melihat- lihat pemandangan di sekitar setidaknya yang berjarak 6 meter atau 20 kaki.

Kemudian untuk melatih mata untuk bisa tetap fokus, letakan ibu jari anda di depan muka anda lalu perlahan gerakan tangan anda ke arah kanan dan kiri hingga dirasa cukup.

Cara Ketiga, anda bisa membuka mata anda dengan lebar lalu berkediplah sebanyak 10 kali.

Kemudian segera tutup mata anda selama 20 detik dan ulang latihan ini selama empat kali pengulangan.

Terakhir, untuk membuat mata tetap bugar anda harus melatih jangkauan mata hingga ke sudut.

Arahkan bola mata ke arah kiri, kanan, atas, dan bawah selama lima hingga sepuluh kali.

ANTARA
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Yoga mata beri Relaksasi di tengah Serbuan Acara Virtual, Manfaat Vitamin C,D,E, dan Zinc yang diberikan pada pasien COVID-19

Terkini di BorneoTribun