Percasi Sekadau Seleksi Atlit Junior, KONI: Pecatur Sekadau Diperhitungkan Daerah Lain | Borneotribun.com -->

Senin, 06 Desember 2021

Percasi Sekadau Seleksi Atlit Junior, KONI: Pecatur Sekadau Diperhitungkan Daerah Lain

Percasi Sekadau Seleksi Atlit Junior, KONI: Pecatur Sekadau Diperhitungkan Daerah Lain
Kejuaraan catur junior standard untuk seleksi atlit junior putra-putri di Kabupaten Sekadau.

BorneoTribun Sekadau, Kalbar - Pengurus Cabang Percasi Kabupaten Sekadau menggelarkan kejuaraan catur junior standard untuk seleksi atlit junior putra-putri di Kabupaten Sekadau.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 4 - 5 Desember 2021 di salah satu Warkop Pasar Sekadau, Kabupaten Sekadau, Kalbar.

Ada 24 peserta tergabung putra-putri untuk mengikuti seleksi atlit junior yang digelar Percasi Kabupaten Sekadau. 

Dalam ajang seleksi atlit catur junior, diambil dari rangking tertinggi yakni, atlit putra 5 orang dan atlit putri 5 orang. 

KONI UNGKAP PECATUR SEKADAU DIPERHITUNGKAN DAERAH LAIN


Ketua Harian KONI Kabupaten Sekadau, H. Djafar A Rachman. 

Ketua Harian KONI Kabupaten Sekadau, H. Djafar A Rachman mengucapkan terimakasih kepada Kepengurusan Percasi yang baru, menurutnya, salah satu persyaratan untuk mengikuti suatu kegiatan, maka Kepengurusan itu harus yang definitif. 

"Apalagi, kepengurusan percasi yang sekarang sudah mulai melakukan gebrakan-gebrakan, melaksanakan kejuaraan termasuk mencari kader muda yang berbakat diambil dari sekolah-sekolah di Kabupaten Sekadau," kata Djafar kepada Borneo Tribun, Minggu (5/12/2021) kemarin. 

Menurut Djafar, atlit catur di Kabupaten Sekadau ini sangat di perhitungkan bagi daerah lain, khususnya di Kalimantan Barat. 

"Bagi anak anak kami atlit catur yang berhasil menjadi juara baik rangking satu sampai lima, selalu berlatih dan meningkatkan diri, jangan menganggap kita ini yang terbaik," pesannya. 

Selebihnya, Djafar berharap khusus untuk Sekolah-sekolah, baik SD, SMP dan SMA ataupun SMK supaya melihat bakat-bakat dari para siswa-siswi untuk dijadikan kader-kader kedepannya. 

"Diharapkan Sekolah-Sekolah bisa mempersiapkan kader-kadernya sesuai dengan bakat yang ada pada siswa-siswi. Karena KONI sudah menyiapkan cabang-cabang olahraga yang spesifik," pungkas Djafar.

PERCASI SEKADAU TARGET MEDALI EMAS PORPROV 2022


Kejuaraan catur junior standard untuk seleksi atlit junior putra-putri di Kabupaten Sekadau. 

Sementara, Ketua Percasi Kabupaten Sekadau, Sovian, M. N.SE. MM mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan peserta atlit junior dan senior untuk mengikuti porprov 2022.

"Kami akan mempersiapkan bibit atlit catur junior putra-putri, dan juga mempersiapkan peserta atlit senior untuk mengikuti porprov 2022," kata Sovian. 

Lebih lanjut, kata Sovian, atlit junior yang mampu meraih 5 besar putra-putri akan di lakukan pembinaan rutin untuk persiapan porprov yang diperkirakan pelaksanaan di bulan November tahun 2022.

"Berarti kita masih memiliki 10 bulan persiapan untuk menyiapkan 3 atlit putri dan 4 atlit putra pada ajang kejuaraan porprov," tutur Sovian. 

Selain itu, kata Sovian, Percasi Sekadau juga akan kembali melaksanakan seleksi untuk atlit yang senior, diperkirakan di minggu ketiga pada bulan Desember tahun 2021.

"Kita langsung melakukan seleksi 4 besar untuk atlit senior dalam persiapan mengikuti porprov. Sementara, ada 3 atlit junior untuk mewakili kita di tingkat provinsi," terang Ketua Percasi Sekadau, Sovian. 

Sovian mengatakan, Percasi Kabupaten Sekadau akan berusaha agar atlit catur Sekadau mampu meraih medali emas dari kejuaraan sebelumnya di tahun 2018.

"Mengingat, pencapaian porprov di tahun 2018 kita dapat 3 medali mas dan 2 medali perak. Pada tahun 2022 nanti, kita harus bisa di atas pencapaian sebelumnya," pungkas Sovian.

BANYAK ANAK KECANDUAN GADGET


Selain itu, Salah satu orang tua siswa, Hermanto mengungkapkan, dengan adanya kegiatan ini begitu baik dan positif. Menurutnya, sebagai pembinaan untuk generasi muda, apalagi jaman sekarang banyak terpengaruh dan kecanduan dengan gadget hp pintar. 

"Banyak anak-anak terpengaruh dan kecanduan dengan gadget, sehingga permainan-permainan sangat baik untuk kecerdasan otak itu ditinggalkan," ungkapnya. 

Dengan adanya pertandingan catur ini, Hermanto berharap bibit-bibit muda termotivasi dan juga semakin mau untuk belajar dengan berlatih lebih giat lagi, khususnya cabang catur. 

Selebihnya, menurut Hermanto, dengan ada kegiatan ini, juga salah satu pendekatan dengan bibit- bibit muda dan sekolah-sekolah yang sangat di tunggu-tunggu, dan inilah kesempatan. Selain itu, ada juga pembinaan rutin setelah kegiatan ini. 

"Kita sangat mendukung selaku orang tua, kita pun siap mendampingi anak-anak kita dilatih para atlit-atlit senior di Kabupaten Sekadau," ungkapnya.

Reporter: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar