Akibat Hujan Deras, Kantor Desa Nekginap Terendam Banjir | Borneotribun.com -->

Kamis, 10 Februari 2022

Akibat Hujan Deras, Kantor Desa Nekginap Terendam Banjir

Akibat Hujan Deras, Kantor Desa Nekginap Terendam Banjir
Akibat Hujan Deras, Kantor Desa Nekginap Terendam Banjir.


BorneoTribun Bengkayang – Kantor Desa Nekginap kecamatan monterado kabupaten bengkayang terendam banjir akibat diguyur hujan deras dari jam 2 siang hingga malam hari  pada rabu (9/2/2022) kemarin. 


Letak wilayah Desa Nekginap terletak di bagian timur kecamatan monterado, desa Nekginap kecamatan Monterado kabupaten Bengkayang adalah memiliki wilayah administratif seluas 1.880,648 Ha.


Akibat Hujan Deras, Kantor Desa Nekginap
Akibat Hujan Deras, Kantor Desa Nekginap Terendam Banjir.


Dilihat dari topografi dan sungai ketinggian tanahnya didominasi wilayah perbukitan atau daratan rendah dan dilalui dua sungai yaitu sungai tangku dan sungai rancang.


Dilansir BorneoTribun dari Infodesaku, Kamis (10/2/2022), salah satu warga mengatakan kantor desa Nekginap kebanjiran dan tergenang air yang diakibatkan derasnya curah hujan.


Kepala desa Nekginap, Marukis SIP menerangkan bahwa terjadinya banjir diakibatkan curah hujan yang berintensitas tinggi atau lebat dari jam 2 siang hingga malam hari. 


Sehingga mengakibatkan banjir dan terjadi genangan air di sekitar kantor desa tersebut. 

 

"Sebenarnya kalau dilihat dari topografis desa Nekginap ini sebenarnya didominasi perbukitan namun yang menyebabkan terjadinya banjir atau genangan air adalah disebabkan saluran irigasi kurang lancar," katanya.


Kantor Desa Nekginap Terendam Banjir
Akibat Hujan Deras, Kantor Desa Nekginap Terendam Banjir.


Kades berencana akan mencari lahan yang cocok untuk pemindahan kantor yang baru agar terhindar dari banjir atau genangan air.


Untuk itu karena kantor desa tersebut harus digunakan dengan jangka panjang, maka oleh sebab itu harus dibutuhkan tempat yang strategis dataran tinggi tentunya agar kantor terhindar dari bencana banjir.


Akibat Hujan Deras, Kantor Desa Nekginap Banjir
Akibat Hujan Deras, Kantor Desa Nekginap Terendam Banjir.


Hekulanus, Ketua BPD Desa Nekginap juga menyampaikan bahwa tempat kantor desa tersebut datarannya rendah dari lokasi yang lain, sehingga sering tergenang air.


Dia juga sepaham dengan apa yang disampaikan kepala desa bahwa kantor desa agar segera dipindah ke lahan atau tempat yang strategis agar terhindar dari banjir atau genangan air.(*) 

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar