Hawks membuat terobosan dalam debat Rusia saat AS mempersenjatai Ukraina | Borneotribun.com -->

Jumat, 15 April 2022

Hawks membuat terobosan dalam debat Rusia saat AS mempersenjatai Ukraina

Hawks membuat terobosan dalam debat Rusia saat AS mempersenjatai Ukraina
Ilustrasi. Hawks membuat terobosan dalam debat Rusia saat AS mempersenjatai Ukraina.


BorneoTribun, Jakarta -- Pejabat pemerintahan Biden yang berani mempersenjatai Ukraina dengan persenjataan yang lebih canggih dan mematikan membuat terobosan untuk mengubah kebijakan Gedung Putih yang mendapat kecaman karena terlalu lambat dan berhati-hati dalam pengambilan keputusan. 


Pengumuman Presiden Biden minggu ini tentang bantuan militer tambahan $800 juta termasuk untuk pertama kalinya amunisi canggih yang diminta Ukraina.


Sementara paket itu masih kurang dari permintaan khusus yang dibuat oleh Ukraina, itu juga merupakan perubahan nyata.


Charles Kupchan, seorang rekan senior di Dewan Hubungan Luar Negeri, mengatakan paket bantuan militer baru-baru ini adalah "perubahan signifikan" dan merupakan tanda bahwa pemerintah dan sekutu AS "secara konsisten meningkatkan panas" terhadap Rusia.


“Apakah masih ada garis merah? Ya, ”tambahnya, tetapi mengatakan AS telah berjalan sampai ke garis itu tanpa melewatinya.


Pengumuman paket baru itu menyusul tekanan publik dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky .


Zelensky berbicara pada hari Rabu dengan Biden selama hampir satu jam sebelum pengumuman paket senjata. Dia sebelumnya memposting di Twitter tuntutan untuk perangkat keras militer tertentu, termasuk jet tempur, tank, dan beberapa sistem peluncuran roket.


Kampanye, yang ditandai Zelensky sebagai "#ArmUkraine" adalah upaya untuk membuat AS dan sekutu Barat mempercepat pengiriman dan memenuhi tuntutan khusus untuk sistem senjata kritis ketika pasukan Rusia mundur, berkumpul kembali, dan memasok kembali menawarkan penangguhan hukuman singkat.


“Senjata yang datang ke Ukraina sangat lambat, kami sangat membutuhkannya. Itu sebabnya Presiden [Zelensky] mengumumkan kampanye ini,” Oleksiy Goncharenko, anggota parlemen Ukraina, mengatakan kepada The Hill. 


Analis luar dan orang-orang yang akrab dengan alasan pemerintah mengatakan kombinasi kehati-hatian dan kekhawatiran atas logistik telah membuat AS tidak memenuhi daftar keinginan Zelensky.


Paket tersebut, misalnya, tidak termasuk pesawat perang yang digambarkan Zelensky dalam video bandingnya sebagai "harus dimiliki" untuk "menyelamatkan jutaan orang Ukraina dan juga jutaan orang Eropa."


Juga akan memakan waktu sekitar empat minggu bagi AS untuk mengirimkan semua bantuan militer yang termasuk dalam paket $800 juta, seorang pejabat senior pertahanan mengatakan kepada wartawan, Kamis. 


John Herbst, mantan duta besar untuk Ukraina dan rekan senior di Dewan Atlantik, menyambut baik paket militer Biden tetapi mengatakan Ukraina membutuhkan kekuatan udara, dan khususnya jet tempur MiG era Soviet dan pembom Sukhoi. 


“Mereka masih menolak MiG dan pembom Sukhoi, pembom MiG dan Sukhoi itu akan sangat berguna berurusan dengan tank Rusia dan pengangkut personel lapis baja di lapangan terbuka,” kata Herbst.


Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan pada hari Rabu bahwa pemerintah masih memiliki "kekhawatiran" tentang pengiriman MiG dari Polandia ke Ukraina, mengacu pada penilaian sebelumnya oleh Pentagon bahwa langkah seperti itu dapat memicu Putin untuk meningkatkan konflik dengan NATO. 


“Penilaian itu tidak berubah,” kata Psaki. 


Seorang analis luar dengan wawasan pemikiran pemerintah memuji Menteri Luar Negeri Antony Blinken karena condong ke depan dalam mengirim senjata yang lebih canggih ke Ukraina.


Analis, yang meminta anonimitas untuk berbicara terus terang, menunjuk dukungan Blinken untuk transfer MiG. Blinken pada 6 Maret mengatakan AS telah memberikan “lampu hijau” ke Polandia. Sumpah itu berjalan kembali oleh Gedung Putih pada hari berikutnya.


“Kebijakan ini dijalankan oleh Dewan Keamanan Nasional dan kami tahu bahwa naluri Blinken sangat berbeda, dan kami melihatnya dalam masalah MiG,” kata analis tersebut.


Pejabat AS secara terbuka menyarankan bahwa perubahan dalam perang mengubah jenis dukungan AS.


“Sifat konflik sedang berubah … dan karenanya masuk akal bahwa bentuk-bentuk dukungan yang tepat akan beradaptasi dengan kenyataan yang berubah itu,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price dalam sebuah pengarahan pada hari Rabu. 


Rusia diyakini akan menyusun kembali pasukannya untuk serangan yang lebih terkonsentrasi di wilayah timur dan selatan negara itu. 


Price, di Departemen Luar Negeri pada hari Rabu, mengatakan transfer senjata senilai $800 juta ke Ukraina datang menyusul seruan langsung dari Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba ke Blinken untuk meminta “senjata, senjata dan senjata.” 


“Dia bertemu dengan Sekretaris Blinken, dan Sekretaris Blinken punya tiga jawaban untuknya: ya, ya dan ya. Dan Anda melihat hari ini buah dari beberapa diskusi itu,” kata Price. 


William Taylor , direktur program Rusia dan Eropa di Institut Perdamaian AS, mengatakan semakin banyak bukti kekejaman terhadap warga sipil, dan tuduhan Biden atas Rusia yang melakukan genosida, telah mengubah pemerintah menjadi lebih agresif dalam memberikan bantuan. 


"Saya tidak merasakan keraguan itu lagi," kata Taylor.


“Saya berbicara dengan orang-orang di Pentagon yang akan berusaha keras membantu” meningkatkan transfer senjata, termasuk dari AS tetapi juga dari sekutu NATO seperti Republik Ceko dan Slovakia, yang masing-masing telah memberi Ukraina T -72 tank dan sistem pertahanan rudal S300 yang diminta Zelensky. 


“Birokrasi sedang mengerjakan ini, saya pikir, benar-benar penuh, dan ada hal-hal yang perlu ada di tangan Ukraina, seperti, besok, untuk mengganggu dan mempertahankan diri dari serangan besar yang tampaknya direncanakan oleh Rusia dan mereka dapat memulainya. setiap hari,” katanya.


Upaya itu juga mendapat dukungan dari sekutu utama seperti Inggris Raya, yang sangat hawkish.


“Ada jendela peluang,” James Cleverly, menteri luar negeri Inggris untuk Eropa dan Amerika Utara, mengatakan tentang perlunya meningkatkan pengiriman bantuan militer ke Ukraina.


“Kami menyediakan Ukraina dengan sistem yang mereka butuhkan untuk mempertahankan tanah air mereka dengan benar dan kami mencari untuk melakukan itu sementara Rusia semacam melakukan reposisi ini,” katanya selama wawancara di Washington minggu ini.


(YK/ER)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar