Presiden Biden mengumumkan $800 juta untuk bantuan Ukraina, termasuk Artileri, Helikopter | Borneotribun.com -->

Kamis, 14 April 2022

Presiden Biden mengumumkan $800 juta untuk bantuan Ukraina, termasuk Artileri, Helikopter

Presiden Biden mengumumkan $800 juta untuk bantuan Ukraina, termasuk Artileri, Helikopter
Presiden AS, Joe Biden.


Borneo Tribun, New York -- Presiden Biden hari Rabu mengumumkan bahwa pemerintahannya akan memberikan $800 juta bantuan keamanan tambahan ke Ukraina, termasuk artileri, helikopter dan pengangkut personel lapis baja.  


Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia memberi tahu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tentang bantuan baru itu melalui panggilan telepon pada Rabu pagi.  


“Militer Ukraina telah menggunakan senjata yang kami sediakan untuk efek yang menghancurkan. Saat Rusia bersiap untuk mengintensifkan serangannya di wilayah Donbas, Amerika Serikat akan terus memberi Ukraina kemampuan untuk mempertahankan diri,” kata Biden .

 

“Paket bantuan baru ini akan berisi banyak sistem senjata yang sangat efektif yang telah kami sediakan dan kemampuan baru yang disesuaikan dengan serangan yang lebih luas yang kami harapkan akan diluncurkan Rusia di Ukraina timur,” katanya. “Kemampuan baru ini termasuk sistem artileri, peluru artileri dan pengangkut personel lapis baja. Saya juga telah menyetujui transfer helikopter tambahan.” 


Pentagon mengatakan secara lebih spesifik bahwa paket bantuan itu mencakup 11 helikopter Mi-17, 300 drone Switchblade, 200 pengangkut personel lapis baja M113, 18 Howitzer dan 40.000 peluru artileri, 10 radar kontra-artileri, 500 rudal Javelin, kapal pertahanan pantai tak berawak dan peralatan pelindung. jika terjadi serangan senjata kimia atau biologi.


Biden juga mengatakan bahwa AS akan membantu mentransfer "kemampuan signifikan" dari sekutu lain ke Ukraina, tanpa memberikan perincian spesifik tentang kemampuan itu.  


Pengumuman resmi Rabu datang setelah outlet berita termasuk The Hill melaporkan bahwa Biden diperkirakan akan menyetujui tambahan $750 juta dalam bantuan militer untuk Ukraina untuk memerangi invasi Rusia.  


Sebuah sumber mengatakan kepada The Hill pada Rabu pagi bahwa paket bantuan itu diharapkan termasuk artileri Howitzer. 


AS telah memberikan $1,7 miliar bantuan keamanan ke Ukraina sejak invasi Rusia dimulai hampir tujuh minggu lalu.  


Tetapi Ukraina telah meminta persenjataan dan sistem tambahan untuk mengusir serangan Rusia. Sebelum panggilannya dengan Biden pada hari Rabu, Zelensky memposting video ke Twitter meminta sistem pertahanan udara tambahan, pesawat tempur, artileri, kendaraan lapis baja dan tank dari AS dan sekutunya.  


“Kebebasan harus dipersenjatai lebih baik daripada tirani,” katanya dalam video, yang diposting dalam bahasa Inggris dan Ukraina. “Persenjatai Ukraina sekarang untuk mempertahankan kebebasan.”  


AS telah meningkatkan bantuan keamanan ke Ukraina sejak invasi dimulai. Pekan lalu, pemerintahan Biden membantu memfasilitasi transfer sistem pertahanan udara S-300 era Soviet dari Slovakia ke Ukraina dengan memposisikan ulang sistem rudal Patriot AS di Slovakia.


Ada pertanyaan yang mengarah pada pengumuman resmi tentang apakah helikopter akan dimasukkan dalam paket baru, tetapi pernyataan Biden menjelaskan bahwa itu akan dimasukkan. 


"Tidak jelas untuk sementara waktu dari pihak mereka apakah mereka menginginkan helikopter tambahan," kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki kepada wartawan, Rabu. “Hari ini, mereka menjelaskan bahwa mereka menginginkan mereka masuk.”


Sekretaris pers Pentagon John Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa 11 helikopter Mi-17 era Soviet yang termasuk dalam paket awalnya ditujukan untuk Afghanistan.    


Kirby juga mengatakan AS sedang menjajaki cara untuk melatih pasukan Ukraina pada beberapa sistem yang disediakan.


 “Kami percaya bahwa kami dapat menyusun pelatihan yang tepat untuk beberapa sistem ini dengan sangat, sangat cepat,” kata Kirby, mencatat bahwa sistemnya tidak terlalu rumit.


Kirby menjelaskan bahwa keputusan tentang bantuan apa yang akan diberikan datang langsung dari percakapan baru-baru ini antara pejabat AS dan Ukraina dan mengatakan Pentagon akan mengirimkan persenjataan dan peralatan baru "secepat mungkin."  


Pada saat yang sama, Biden telah menolak panggilan dari Ukraina untuk memasok negara itu dengan jet tempur. Pemerintah menolak rencana bulan lalu yang akan melibatkan pengiriman jet MiG-29 dari Polandia ke Ukraina karena khawatir hal itu akan meningkatkan ketegangan dengan Rusia.  


Evelyn Farkas, pejabat tinggi pertahanan untuk Rusia, Ukraina, dan Eurasia selama pemerintahan Obama, mengatakan kepada The Hill pada hari Rabu bahwa AS harus memasok Ukraina dengan pesawat tempur, persenjataan yang lebih ofensif, dan persenjataan maritim yang lebih baik.  


“Kami ingin membanjiri Ukraina dengan bantuan militer sehingga kami dapat membawa ini ke kesimpulan militer yang cepat,” katanya. 


Setelah gagal merebut Kyiv, Rusia telah menarik pasukan dari sekitar ibukota Ukraina dan diperkirakan akan memfokuskan serangan di selatan dan timur, termasuk wilayah Donbas.


(YK/ER)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar