Pria bersenjata melepaskan tembakan ke kereta bawah tanah Brooklyn; setidaknya 10 tembakan | Borneotribun.com -->

Rabu, 13 April 2022

Pria bersenjata melepaskan tembakan ke kereta bawah tanah Brooklyn; setidaknya 10 tembakan

Pria bersenjata melepaskan tembakan ke kereta bawah tanah Brooklyn; setidaknya 10 tembakan
Pria bersenjata melepaskan tembakan ke kereta bawah tanah Brooklyn.


BorneoTribun, New York -- Seorang pria bersenjata dalam rompi konstruksi mengenakan masker gas, menyalakan tabung asap di kereta bawah tanah pada jam sibuk dan menembak sedikitnya 10 orang Selasa pagi, kata pihak berwenang. Penembak itu buron setelah meninggalkan penumpang yang terluka berdarah di platform Brooklyn sementara yang lain berlari sambil berteriak.


Lima orang berada dalam kondisi kritis tetapi diperkirakan akan selamat. Sedikitnya 16 orang terluka dalam beberapa cara dalam serangan yang dimulai di sebuah kereta bawah tanah yang berhenti di stasiun 36th Street di lingkungan Sunset Park di borough itu.


Komisaris Polisi Keechant Sewell mengatakan bahwa serangan itu tidak diselidiki sebagai terorisme, tetapi dia "tidak mengesampingkan apa pun." Agen FBI dan anggota Satuan Tugas Terorisme Gabungan mensurvei bisnis terdekat, mewawancarai saksi dan mencari rekaman pengawasan.


Helikopter polisi melayang di atas selama berjam-jam ketika pihak berwenang mencari penembak, yang belum diidentifikasi. Motifnya masih belum diketahui.


“Pintu kereta bawah tanah saya terbuka menjadi bencana. Itu adalah asap dan darah dan orang-orang berteriak,” saksi mata Sam Carcamo mengatakan kepada stasiun radio 1010 WINS, mengatakan dia melihat kepulan asap raksasa keluar dari kereta N begitu pintu dibuka.


Serangan itu membuat sebuah kota yang berjaga-jaga terkejut dengan  meningkatnya kekerasan senjata  dan ancaman terorisme yang selalu ada. Ini membuat beberapa warga New York gelisah tentang naik sistem kereta bawah tanah tersibuk di negara itu dan mendorong para pejabat untuk meningkatkan pengawasan di pusat transportasi dari Philadelphia ke Connecticut.


Video salah satu pengendara, diambil melalui pintu tertutup di antara gerbong kereta bawah tanah, menunjukkan seseorang dengan kaus berkerudung mengangkat tangan dan menunjuk sesuatu — mungkin pintu ke bilik konduktor — saat lima poni berbunyi. Dalam video lain, asap dan orang-orang keluar dari gerbong kereta bawah tanah dan ratapan meletus saat penumpang berlari keluar sementara beberapa lainnya tertatih-tatih turun dari kereta. Satu jatuh ke platform.


"Seseorang menelepon 911!" seseorang berteriak.


Video dan foto lain dari tempat kejadian menunjukkan orang-orang yang merawat penumpang berlumuran darah tergeletak di peron, beberapa di tengah genangan darah kecil, dan orang lain di lantai gerbong kereta bawah tanah.


Juliana Fonda, seorang insinyur siaran di WNYC-FM, mengatakan kepada situs berita Gothamist bahwa dia sedang naik kereta ketika penumpang dari mobil di belakangnya mulai menggedor pintu di antara mereka.


"Ada banyak letusan keras, dan ada asap di mobil lain," katanya. "Dan orang-orang mencoba masuk dan mereka tidak bisa, mereka menggedor pintu untuk masuk ke mobil kami."


Saat polisi mencari penembak, Gubernur Kathy Hochul memperingatkan warga New York untuk waspada.


“Orang ini masih berkeliaran. Orang ini berbahaya," kata Demokrat pada konferensi pers. "Ini adalah situasi penembak aktif sekarang di kota New York."


Petugas pemadam kebakaran dan polisi sedang menyelidiki laporan bahwa telah terjadi ledakan, tetapi Sewell mengatakan pada konferensi pers setelah tengah hari bahwa tidak ada alat peledak yang diketahui. Beberapa perangkat asap ditemukan di tempat kejadian, kata juru bicara walikota Fabien Levy.


Setelah orang-orang keluar dari kereta, pekerja transit yang berpikir cepat mengantar penumpang ke kereta lain melintasi peron untuk keselamatan, kata kepala sistem Janno Lieber.


Siswa sekolah menengah John Butsikaris sedang menaiki kereta lain ketika dia melihat seorang kondektur mendesak semua orang untuk masuk. Dia pikir mungkin hanya ada masalah biasa sampai pemberhentian berikutnya, ketika dia mendengar teriakan minta pertolongan medis dan keretanya dievakuasi.


"Saya benar-benar terguncang," kata remaja berusia 15 tahun itu kepada The Associated Press. “Meskipun saya tidak melihat apa yang terjadi, saya masih takut, karena itu seperti beberapa meter dari saya, apa yang terjadi.”


Tidak ada pekerja transit yang terluka secara fisik, menurut serikat pekerja mereka. Selain luka tembak, pengendara yang terluka dirawat karena menghirup asap, pecahan peluru dan panik.


Presiden Joe Biden, Wakil Presiden Kamala Harris dan Jaksa Agung AS Merrick Garland diberitahu tentang insiden tersebut. Walikota New York Eric Adams , yang mengasingkan diri setelah tes positif COVID-19 pada hari Minggu, mengatakan dalam sebuah pernyataan video bahwa kota itu “tidak akan membiarkan warga New York diteror, bahkan oleh satu orang pun.”


Insiden itu terjadi di jalur kereta bawah tanah yang melintasi Brooklyn selatan di lingkungan yang didominasi komunitas Hispanik dan Asia dan sekitar 15 menit perjalanan kereta ke Manhattan. Sekolah-sekolah lokal, termasuk Sekolah Menengah Sunset Park di seberang stasiun, dikunci.


Danny Mastrogiorgio dari Brooklyn baru saja mengantar putranya ke sekolah ketika dia melihat sekelompok penumpang, beberapa dari mereka terluka, berlari menaiki tangga kereta bawah tanah di stasiun 25th Street terdekat dengan panik. Setidaknya dua memiliki cedera kaki yang terlihat, katanya.


"Itu gila," katanya kepada AP. "Tidak ada yang tahu persis apa yang sedang terjadi."


Allan Lee sedang menjalankan bisnisnya, Cafe Nube, ketika setengah lusin mobil polisi dan kendaraan pemadam kebakaran tiba-tiba berkumpul di blok yang berisi stasiun 36th Street.


“Kemudian mereka mulai mengantar orang-orang yang berada di blok ke blok yang berdekatan dan kemudian menutup pintu masuk kereta bawah tanah,” katanya kepada AP. Ketika dia melihat petugas penjinak bom dan anjing, dia yakin itu bukan masalah kereta bawah tanah sehari-hari.


Kota New York telah menghadapi serentetan penembakan dan insiden terkenal dalam beberapa bulan terakhir, termasuk di kereta bawah tanah kota. Salah satu yang paling mengejutkan adalah pada bulan Januari, ketika seorang wanita  didorong hingga tewas  di depan kereta api oleh orang asing.


Adams, seorang Demokrat  sedikit lebih dari 100 hari  dalam masa jabatannya, telah membuat tindakan keras terhadap kejahatan - terutama di kereta bawah tanah - fokus pemerintahan awal, berjanji untuk mengirim lebih banyak petugas polisi ke stasiun dan platform untuk patroli reguler. Tidak segera jelas apakah petugas sudah berada di dalam stasiun ketika penembakan terjadi.


“Kami mengatakan: Tidak ada lagi. Tidak ada lagi penembakan massal. Tidak ada lagi yang mengganggu kehidupan. Tidak ada lagi membuat patah hati bagi orang-orang yang hanya mencoba menjalani hidup mereka sebagai warga New York yang normal, ”kata Hochul. “Itu harus berakhir.”


Reporter Associated Press Michael Balsamo di Washington dan Jennifer Peltz, Karen Matthews, Michelle L. Price dan Julie Walker di New York berkontribusi pada laporan ini.


(YK/ER)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar