Putin: Sanksi Barat telah 'mencapai hasil tertentu' pada ekonomi Rusia | Borneotribun.com -->

Rabu, 13 April 2022

Putin: Sanksi Barat telah 'mencapai hasil tertentu' pada ekonomi Rusia

Putin: Sanksi Barat telah 'mencapai hasil tertentu' pada ekonomi Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin.


BorneoTribun -- Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Selasa bahwa sanksi Barat telah "mencapai hasil tertentu" dalam mempengaruhi ekonomi Rusia tetapi memproyeksikan pembangkangan tentang perang Kremlin di Ukraina.


Pemimpin Rusia mengatakan selama konferensi pers bahwa kampanye sanksi global yang dipimpin AS adalah "blitzkrieg" yang telah "mencapai hasil tertentu" dan mengatakan Moskow "harus menaikkan suku bunga bank sentral menjadi 20 persen" tetapi itu telah turun dalam beberapa hari terakhir, menurut pernyataan yang diterjemahkan oleh outlet media milik negara RT.


Ekonom global mengatakan bahwa pemerintah Rusia sedang melatih keterampilan teknokratis kreatif untuk menstabilkan mata uang dan ekonomi Rusia di tengah kampanye sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi tidak mungkin untuk dapat menahan kontraksi ekonomi skala besar dalam jangka panjang. 


Rachel Ziemba, seorang rekan di Center for a New American Security, menulis dalam sebuah artikel untuk Barron's bahwa “Tampaknya ketahanan finansial Rusia, terutama dalam hal rubel, adalah semacam fatamorgana.” 


Mantan Menteri Keuangan Rusia Alexei Kudrin dikutip oleh media milik negara mengatakan bahwa ekonomi negara itu berada di jalur untuk berkontraksi sebesar 10 persen pada tahun 2022, penurunan terbesar dalam produk domestik bruto sejak muncul dari Uni Soviet pada tahun 1991, Reuters melaporkan .


Putin, yang membuat pernyataannya selama konferensi pers bersama Presiden Belarusia Alexander Lukashenko , juga mengakui bahwa pemerintah Rusia perlu "mengalokasikan lebih banyak sumber daya ... dalam situasi saat ini" untuk mendukung ekonomi, tetapi disebut-sebut bekerja dengan negara-negara yang belum bergabung dengan AS. -dipimpin rezim sanksi.


“Ekonomi akan beradaptasi dengan lingkungan baru, jangan salah. Jika Anda tidak dapat mengekspor ke satu negara, selalu ada negara ketiga. Jika Anda dapat membeli sesuatu di satu negara, ada juga negara keempat di mana Anda bisa mendapatkan ini, ini tidak bisa dihindari ... satu negara tidak dapat mendominasi dunia lagi.”


Putin juga mengancam pasokan makanan global, mengkritik negara-negara Barat yang menyatakan bahwa “jika mereka tidak dapat bekerja dengan kami secara efektif, tidak akan ada cukup makanan di pasar global.”


PBB dan kelompok hak asasi manusia telah menyuarakan keprihatinan bahwa pertempuran Rusia di Ukraina, dikombinasikan dengan sanksi, telah mengganggu pengiriman global dan meningkatkan harga gandum dan pupuk dan berdampak pada 1,2 miliar orang.


“Harga-harga ini terus meningkat dan ini semua disebabkan oleh kesalahan negara-negara Barat,” keluh  Putin .


“Jika mitra Barat kami memperburuk situasi dalam hal keuangan, dalam hal asuransi dan pengiriman laut, situasinya akan menjadi lebih buruk, termasuk bagi mereka. Harga makanan yang tinggi dan masalah ini akan menyebabkan kelaparan di banyak wilayah di seluruh dunia dan ini akan menyebabkan lebih banyak arus migrasi termasuk ke Eropa.”


(YK/ER) 

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar