Zelensky memberikan kuesioner lengkap kepada UE di Kiev | Borneotribun.com -->

Selasa, 19 April 2022

Zelensky memberikan kuesioner lengkap kepada UE di Kiev

Zelensky memberikan kuesioner lengkap kepada UE di Kiev
Presiden Ukraina Vladimir Zelensky. (Kantor Pers Kepresidenan Ukraina melalui AP)


Borneo Tribun, Jakarta -- Presiden Ukraina Vladimir Zelensky memberikan kuesioner lengkap kepada kepala delegasi Uni Eropa di Kiev, yang merupakan langkah Ukraina untuk mendapatkan status calon anggota Uni Eropa, kata kantor kepresidenan Ukraina, Senin.


"Presiden Vladimir Zelensky menyerahkan kepada Kepala Delegasi Uni Eropa untuk Ukraina Matti Maasikas sebuah kuesioner yang telah diisi untuk negara kami untuk mendapatkan status calon anggota Uni Eropa," menurut sebuah pernyataan di situs web kepresidenan Ukraina.


"Rakyat Ukraina telah dipersatukan oleh tujuan ini untuk merasa menyatu dengan Eropa, bagian dari Eropa, bagian dari Uni Eropa," kata Zelensky.


Dia berterima kasih kepada Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell dan Maasikas atas kerja cepat mereka dalam menyediakan kuesioner. 


"Ini adalah sinyal penting. Kami percaya bahwa kami akan menerima dukungan dan menjadi kandidat untuk masuk," kata Zelensky.


"Setelah itu, tahap berikutnya dan terakhir akan dimulai. Kami percaya bahwa prosedur ini akan berlangsung dalam beberapa minggu mendatang dan itu akan positif bagi sejarah rakyat kami."


Perdana Menteri Ukraina Denis Shmygal mengatakan bahwa pemerintah Ukraina, bersama dengan kantor presiden, segera menyiapkan jawaban atas pertanyaan kuesioner Uni Eropa dan sekarang "pekerjaan sedang dilakukan untuk mengintegrasikan Ukraina ke dalam Uni Eropa."


"Kami sudah terintegrasi ke dalam jaringan listrik Uni Eropa," katanya. "Sekarang kami terus bekerja dengan Komisi Eropa tentang integrasi dan jaringan umum roaming gratis, ruang pembayaran gratis."


Maasikas mengatakan dia juga "merasa menjadi bagian dari tim yang bekerja untuk menjadikan Ukraina status kandidat untuk keanggotaan UE," kata kantor presiden Ukraina. Menurut diplomat itu, jawaban Ukraina dalam kuesioner akan dianalisis dengan sangat cepat.


Tawaran Ukraina untuk bergabung dengan UE

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada 8 April memberi Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, selama konferensi pers di Ukraina, kuesioner yang, ketika selesai, akan memungkinkan Dewan Eropa untuk mulai memperdebatkan masalah apakah akan memulai pembicaraan tentang aksesi Ukraina ke blok tersebut. Dia berjanji untuk membantu menyelesaikannya dalam beberapa minggu, bukan tahun.


Rekomendasi Komisi Eropa kepada Dewan Eropa untuk meluncurkan negosiasi tentang penerimaan ke blok tersebut akan menjadi langkah resmi pertama menuju aksesi.


Selanjutnya, negara tersebut harus setuju dengan negosiator Eropa tentang serangkaian kondisi atau "bab negosiasi" yang harus dipenuhinya.


Proses negosiasi dapat memakan waktu mulai dari beberapa tahun hingga jangka waktu yang tidak terbatas. Finlandia adalah yang tercepat untuk menempuh jalan itu, memakan waktu 3 tahun, sementara Turki adalah yang paling lambat setelah memulai pembicaraan pada tahun 2005 dan masih belum memiliki prospek pasti untuk menyelesaikannya.


Sebelumnya, Zelensky, dalam pidatonya di Dewan Eropa, mengatakan bahwa Uni Eropa seharusnya tidak menunda keputusan untuk mengakui Ukraina ke dalam Uni Eropa. Sebelumnya, ia menegaskan bahwa Komisi Eropa akan memutuskan masalah pemberian keanggotaan Ukraina di Uni Eropa dalam beberapa bulan.


Pada akhir Februari, presiden Ukraina meminta UE untuk segera memberikan keanggotaan negara itu. Pada 1 Maret, kepala staf presiden Ukraina, Andrey Yermak, mengumumkan bahwa aplikasi untuk aksesi dipercepat negara itu ke UE telah diterima, terdaftar, dan sedang dipertimbangkan.


Para pemimpin Uni Eropa pada pertemuan puncak di Versailles pada bulan Maret tidak memberikan status calon kepada Ukraina untuk bergabung dengan blok tersebut, tetapi menyatakan dukungan penuh untuk aspirasi Kiev.


Presiden Prancis Emmanuel Macron kemudian mengatakan bahwa dia berpikir bahwa sementara Ukraina dalam keadaan perang, ini bukan saat yang tepat untuk memulai prosedur aksesi, tetapi tidak adil untuk menutup pintu di depan negara itu.


Menurut Kanselir Austria Karl Nehammer, diskusi serius tentang kemungkinan masuknya Ukraina ke dalam Uni Eropa dapat dimulai setelah pemulihan negara itu.


(YK/ER)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar