Dorong Program Regenerasi Perajin di Kalimantan Barat | Borneotribun.com -->

Sabtu, 27 Agustus 2022

Dorong Program Regenerasi Perajin di Kalimantan Barat

Dorong Program Regenerasi Perajin di Kalimantan Barat
Kegiatan penutupan Inkubator Bisnis Gelombang II Perajin Kalbar Tahun 2022 di Grand Mahkota Hotel, Jumat (26/8/2022). (BorneoTribun/Ho-Adpim Pemprov Kalbar)
BorneoTribun Pontianak, Kalbar -- Produk kerajinan yang dihasilkan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan buah karya perajin terampil.

Oleh karena itu, para pelaku UMKM diimbau untuk meregenerasi tenaga terampil dalam memproduksi produk kerajinan.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Dekranasda Prov Kalbar), Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji, saat menghadiri penutupan Inkubator Bisnis Gelombang II Perajin Kalbar Tahun 2022 di Grand Mahkota Hotel, Jumat (26/8/2022).

"Saya berharap program regenerasi perajin segera didorong melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat (Diskop UKM Prov Kalbar) agar generasi muda atau kaum milenial dapat mengetahui hasil-hasil karya leluhur kita yang perlu dilestarikan dan ditekuni agar tidak punah, serta menjadi suatu aktivitas ekonomi produktif yang dapat meningkatkan jumlah lapangan usaha dan lapangan kerja guna turut serta dalam peningkatan perekonomian daerah," ungkap Hj. Lismaryani Sutarmidji. 

Ketua Dekranasda Prov Kalbar juga mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan pengelolaan usaha pelaku UKM agar berubah dalam menyediakan produk-produk yang mempunyai kualitas yang baik, desain hingga pengemasan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan pasar.

"Kepada para perajin, saya berharap setelah mengikuti pelatihan ini mampu berkompetisi dalam berusaha dan jangan sia-siakan kegiatan ini untuk terus berkarya, berkreasi, dan mengembangkan inovasinya,".

Beliau juga berharap para perajin bisa mengembangkan produknya, baik secara online (daring) maupun offline (luring), dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat dilihat oleh masyarakat luas.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat, perwakilan BUMD dan BUMN yang ada di Kalbar, perwakilan Dekranasda Kabupaten dan Kota, serta Para Perajin UMKM yang ada di Kalbar.

(Pian/Adpim Pemprov Kalbar/Aws)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar