DPRD Gorontalo Utara Harap Potensi Wisata Bahari Dikelola Serius | Borneotribun.com -->

Senin, 15 Agustus 2022

DPRD Gorontalo Utara Harap Potensi Wisata Bahari Dikelola Serius

Pulau Bugisa di Kabupaten Gorontalo Utara, merupakan salah satu potensi wisata bahari yang ada di wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan. (ANTARA/Susanti Sako)
Pulau Bugisa di Kabupaten Gorontalo Utara, merupakan salah satu potensi wisata bahari yang ada di wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan. (ANTARA/Susanti Sako)
BorneoTribun, Gorontalo - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo berharap potensi pariwisata bahari dapat dikelola lebih serius oleh pemerintah daerah setempat.

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deisy Sandra Maryana Datau di Gorontalo, Minggu.

Menurutnya, pengembangan wisata bahari di daerah itu sangat penting mengingat menjadi salah satu potensi penerimaan yang sangat besar.

Olehnya, pemerintah daerah perlu lebih serius mengelola baik membangun infrastruktur memadai maupun membuka peluang investasi yang lebih baik.

Apalagi pengelolaan sektor pariwisata katanya, berdampak pula pada beberapa sektor. Khususnya membuka lapangan pekerjaan baru.

Dengan garis pantai sepanjang 317 kilo meter, serta pulau-pulau cantik yang dimiliki ditunjang keberadaan 78 desa di wilayah pesisir tersebar di 11 kecamatan, sangat diyakini potensi ini mampu menjadi sumber penerimaan daerah paling besar.

Sehingga pengelolaannya harus lebih fokus agar dapat menyumbang pendapatan asli daerah setiap tahun.

DPRD berharap kata dia, pemerintah daerah mulai mengatur potensi sumber penerimaan daerah agar dapat mengelola dengan baik sesuai perencanaan.

"Sebab harus lebih optimal menyentuh sektor pariwisata agar sumber penerimaannya dapat digali maksimal. Tentu dengan menyiapkan regulasi yang dapat mendukung pengelolaan," katanya.

Ia berharap, pendapatan asli daerah yang masih berkutat di angka Rp30 miliar per tahun, dapat segera naik signifikan.

Apalagi daerah ini memiliki potensi sumber daya alam dan ketersediaan sumber daya manusia.

Sehingga yang patut terus dipersiapkan adalah infrastruktur hingga promosi. Dengan begitu, akan lebih banyak wisatawan berkunjung ke daerah ini, sebab kita memiliki sumber daya alam yang dapat diandalkan.

(SS/ANT)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar