Menurunkan Tensi Darah agar Kembali Normal, Ini Empat Cara Ampuh | Borneotribun.com -->

Selasa, 16 Agustus 2022

Menurunkan Tensi Darah agar Kembali Normal, Ini Empat Cara Ampuh

Menurunkan Tensi Darah agar Kembali Normal, Ini Empat Cara Ampuh
Menurunkan Tensi Darah agar Kembali Normal. (Foto Pixabay)
BorneoTribun -- Terlebih sampai sekarang penyebab hipertensi belum diketahui pasti. Ternyata ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tensi hingga kembali normal.

Akan tetapi, pengidap hipertensi pjn dapat mengalami kondisi tersebut karena penyakit lain yang pernah dialami sebelumnya.

Misalnya gangguan ginjal, tumor kelenjar adrenal, sampai mengalami gangguan tiroid.

Terdapat sejumlah faktor risiko yang membuat kondisi tersebut terjadi.

Misalnya, usia, riwayat keluarga dengan hipertensi, obesitas, kurang aktivitas fisik atau olahraga, merokok, konsumsi garam berlebih, sampai stres.

Demi mencegah kondisi itu semakin memburuk, sangat disarankan untuk tahu sejumlah cara menurunkan tensi tinggi secara alami sampai tekanan darah menjadi normal kembali.

Berikut empat cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan tensi darah agar kembali normal seperti dikutip dari halodoc.com.

1. Mengelola Berat Badan

Mengelola Berat Badan
Sumber foto: Pixabay
Salah satu pemicu hipertensi tinggi adalah obesitas. Jadi, pastikan kamu kendalikan berat badan agar dapat menurunkan tensi tinggi dengan alami.

Kamu bisa memperhatikan pola makan, olahraga, serta memperbanyak air putih. Hal itu bisa jadi cara yang dapat dilakukan mengendalikan berat badan.

2. Atur Stres Kamu

Atur Stres Kamu
Sumber foto: Pixabay
Mengelola stres dengan baik dapat memudahkan kamu menurunkan tensi darah tinggi degan alami. Terdapat sejumlah cara yang dapat kamu lakukan supaya stres bisa dikelola. Misalnya, meditasi, berendam di dalam bak air hangat, atau yoga. 

Sangat tidak disarankan mengonsumsi alkohol atau merokok saat kamu stres. Hal ini dikarenakan kebiasaan tersebut bisa memperburuk kondisi stres kamu alami

3. Olahraga dengan Rutin

Olahraga dengan Rutin
Sumber foto: Pixabay
Kalau kamu didiagnosis tekanan darah tinggi, pastikan untuk rutin olahraga. Penderita hipertensi debaiknya olahraga aerobik dengan intensitas sedang setiap minggu atau intensitas tinggi selama 75 menit per minggu. Terdapat sejumlah jenis olahraga lainnya yang dapat kamu lakukan secara rutin. Misalnya, jalan kaki, bersepeda, sampai berenang.

4. Jaga Pola Makan Teratur

Jaga Pola Makan Teratur
Sumber foto: Pixabay
Kamu dapat menurunkan tensi darah yang tinggi dengan menjaga pola makan dengan teratur. Selain itu, kamu harus kurangi asupan garam dan membatasi alkohol. Hal itu merupakan cara alami yang dapat menurunkan tensi darah tinggi. Pastikan juga tetap memperbanyak asupan buah dan sayuran. Terdapat sejumlah buah yang dapat membantu menurunkan tensi tinggi. Contohnya, pisang, semangka, kiwi, kale, sampai bayam.

Nah, itulah empat cara menurunkan tensi tinggi dengan alami yang dapat kamu lakukan sehari-hari. Pastikan untuk menjalani perawatan dan makan beragam obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter sebagai upaya pencegahan hipertensi. (*)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar