Apel Akbar 1000 Pendekar Di Ketapang | Borneotribun.com -->

Jumat, 23 September 2022

Apel Akbar 1000 Pendekar Di Ketapang

Apel Akbar 1000 Pendekar Semarakkan Turnamen Pencak Silat Sekda Cup 2022, Sekda Sebut Pencak Silat Olahraga Asli Milik Bangsa Indonesia. 
Apel Akbar 1000 Pendekar Di Ketapang
Apel Akbar 1000 Pendekar Di Ketapang. (BorneoTribun/Prokopim)
BorneoTribun Ketapang -- Ribuan pendekar dari semua pelosok di 20 Kecamatan Kabupaten Ketapang hadiri Jambore 1000 Pendekar dalam rangka mengikuti Pencak Silat Sekda Cup tahun 2022, Kamis (22/09/2022) bertempat di Halaman Kantor Bupati Ketapang.

Kegiatan jambore pencak silat ini sekaligus untuk menyemarakkan HUT TNI ke-77 tahun 2022, dengan rangkaian acara yakni pelantikan pengurus IPSI Kecamatan se-Kabupaten Ketapang, Apel Akbar 1000 Pendekar, perebutan tropy pendekar Wira Utama, festival Pencak Silat tradisonal dan kejuaraan Pencak Silat prestasi.

Jumlah peserta jambore 1300 pendekar terdiri dari 27 kontingen perguruan silat dan kontingen Kecamatan, sedangkan untuk kejuaraan berjumlah 187 pendekar, yang waktu pelaksanaan kegiatan selama 4 hari dimulai tanggal 22 September sampai 25 September 2022.

Sekda Ketapang Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si yang juga Dewan Pembina IPSI Ketapang bergelar Pendekar Wira Utama dalam kesempatan tersebut mengapresiasi atas kehadiran para pendekar dalam kegiatan apel akbar tersebut.

"Ini akan menjadi potensi sumber daya manusia Kabupaten Ketapang yang harus kita bina dan perhatikan supaya menjadi penyongkong, pendukung serta modal kita untuk membangun Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera," ucap Beliau.

Lebih lanjut dikatakan Beliau bahwa Pencak Silat adalah olahraga atau beladiri tradisional asli milik bangsa indonesia.

"Oleh karena itu Pencak Silat harus kita rawat, kita jaga serta harus kita lestarikan dan kembangkan sehingga Pencak Silat bisa maju semakin jaya di Kabupaten Ketapang, Kalbar dan Indonesia pada umumya" imbuhnya

Selain itu dikatakan Beliau bahwa Pencak Silat Sekda cup sebenarnya ide yang sederhana namun tidak menyangka respon masyarakat khususnya para pendekar pengurus IPSI luar biasa.

"Kalau setuju untuk tahun depan jambore pancak silat ini akan terus kita adakan, tolong Dispora anggarkan dan kita akan buat lebih meriah, kita undang tidak hanya pendekar Ketapang tapi kita undang seluruh pendekar Sekalbar," tegas Sekda.

Selanjutnya berkenaan dengan penyelenggaraan MTQ ke-30 tahun 2022 tingkat prov kalbar, yang dilaksanakan di Kabupaten Ketapang Sekda minta kepada seluruh pengurus IPSI untuk mendukung kegiatan tersebut.

"Saya minta seluruh jajaran IPSI Ketapang juga seluruh peguruan silat yang ad di Kabupaten Ketapang di 20 Kecamatan untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan MTQ pada tanggal 5 sampai 1 Nopember tahun 2022," harap Beliau.

Sementara itu Ketua IPSI Kabupaten Ketapang Uti Iskandar, S.AP.,M.Si menyampaikan bahwa Pengkab IPSI sudah mempunyai pengurus Kecamatan yang tersebar hampir diseluruh Wilayah di Kabupaten Ketapang.

"Ini merupakan tanggung jawab yang besar bagi kami untuk memberikan prestasi terbaik bagi daerah ini, terutama dalam kegiatan besar ini. Semoga kegiatan ini berdampak besar bagi peningkatan kualitas atlet pada tiap perguruan serta menimbulkan motivasi dan daya saing lebih, menciptakan kompetisi yang sehat demi mengangkat marwah Pencak Silat di Kabupaten Ketapang," tutupnya.

(Muzahidin/Darnian)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar