Maksimalkan Potensi SDA, Jokowi: Harus Dihilirkan Dan Diindustrikan | Borneotribun.com -->

Senin, 12 September 2022

Maksimalkan Potensi SDA, Jokowi: Harus Dihilirkan Dan Diindustrikan

Maksimalkan Potensi SDA, Jokowi: Harus Dihilirkan Dan Diindustrikan
Presiden Joko Widodo. (BorneoTribun/Ho-Indonesia Maju)
BorneoTribun Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Hal itu tak lepas dari Indonesia memiliki wilayah yang luas dan keanekaragam hayati terkaya di dunia.

Jokowi mengatakan semua potensi itu harus dimanfaatkan maksimal untuk kepentingan bangsa. Menurut dia, harus memiliki pengelolaan yang baik dan berkelanjutan.

“Pasti menjadi kekuatan besar Indonesia jika dikelola secara bijak dan berkelanjutan,” tegas Jokowi dilihat dari akun Instagram-nya, Senin (12/9/2022).

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan ada dua hal yang menjadi fokus utama agar semua potensi SDA bisa maksimal. Di antaranya ialah dengan melakukan hilirisasi dalam negeri agar mampu menambah nilai tambah.

“Syaratnya satu, harus dihilirkan dan diindustrikan di dalam negeri, agar nilai tambahnya bisa maksimal untuk kepentingan nasional,” ujar Jokowi. 

Mantan Walikota Solo ini mengatakan, dengan adanya hilirisasi dan industrialisasi maka akan melahirkan dampak ekonomi lainnya di dalam negeri. Salah satunya ialah mampu membuka lapangan kerja hingga menghasilkan devisa.

“Hal ini akan membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara, serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi,” tutupnya. (yk/im)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar