BPDASHL Kapuas Siapkan 700 Ribuan Bibit Pohon Untuk Penghijauan | Borneotribun.com -->

Kamis, 13 Oktober 2022

BPDASHL Kapuas Siapkan 700 Ribuan Bibit Pohon Untuk Penghijauan

BPDASHL Kapuas Siapkan 700 Ribuan Bibit Pohon Untuk Penghijauan
Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kapuas Remran (tengah) meninjau aktivitas pembibitan di Persemaian Permanen BPDASHL di Sungai Selamat, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. (ANTARA/Jessica HW)
Pontianak, Kalbar- Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kapuas menyiapkan 700 ribuan bibit pohon gratis bagi warga yang ingin melakukan penghijauan lahan.

"Intinya kami siapkan bibit tanaman atau pohon, baik itu bibit buah-buahan maupun tanaman hias bagi masyarakat yang berkeinginan atau berminat menanami lahannya agar tidak gundul," kata Kepala BPDASHL Kapuas Remran di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu.

Dia mengajak warga menanam bibit pohon di lahan-lahan yang kosong. Selain menjadikan lingkungan hijau dan asri, penanaman pohon juga bisa mendatangkan manfaat ekonomi bagi warga.

Remran mengatakan bahwa BPDASHL Kapuas menyiapkan 700 ribuan bibit pohon gratis yang mencakup 16 varietas pohon buah dan kayu unggul untuk mendukung kegiatan penghijauan.

Bibit-bibit pohon yang berasal dari persemaian di wilayah Kecamatan Pontianak Utara tersebut, menurut dia, juga disiapkan untuk mendukung upaya penanaman pohon di lahan-lahan kritis yang berada di dalam maupun luar kawasan hutan di 14 kabupaten/kota di wilayah Kalimantan Barat.

Dia mengutip data dari tim riset BPDASHL Kapuas yang menunjukkan luas lahan kritis di Kalimantan Barat mencapai sekitar 969.032 hektare, yang tersebar di 14 kabupaten/kota.

Menurut dia, BPDASHL Kapuas secara bertahap melakukan penghijauan untuk memulihkan lahan-lahan yang kritis menggunakan alokasi dana yang disiapkan hingga tiga tahun ke depan.

(yk/antara)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar