Fakultas Pertanian UPR Berikan Edukasi Pertanian Bagi Anak Usia Dini | Borneotribun.com -->

Sabtu, 01 Oktober 2022

Fakultas Pertanian UPR Berikan Edukasi Pertanian Bagi Anak Usia Dini

Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya (UPR) melalui Laboratorium Instalasi Kebun Percobaan, Jurusan Budidaya Pertanian, memberikan edukasi pertanian bagi anak usia dini sebagai upaya meningkatkan, menggugah, dan menumbuhkan minat untuk bertani sejak dini
Fakultas Pertanian UPR Berikan Edukasi Pertanian Bagi Anak Usia Dini
Fakultas Pertanian UPR edukasi anak usia dini mengenai pertanian di Palangka Raya, beberapa waktu lalu. (borneoPalangkaraya/ANTARA/HO-Fakultas Pertanian UPR)
borneoPalangkaraya, Kalteng - Salah satu edukasi itu kami lakukan saat anak-anak melakukan kunjungan ke laboratorium pertanian yang kami kelola. Hal itu dikatakan Dekan Fakultas Pertanian UPR Sosilawaty di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (1/10/2022).

Di lingkungan laboratorium pertanian itu, seluruh peserta didik dikenalkan sejumlah hal tentang pertanian, mulai dari peralatan, cara menanam, mengenalkan berbagai jenis tanaman hingga cara perawatan.

Kepala Instalasi Kebun Percobaan Titin Apung Atikah mengatakan pendidikan anak sejak usia dini penting dilakukan, salah satunya melalui pengenalan berbagai hal tentang pertanian.

“Melalui kegiatan ini, anak-anak bisa bermain sambil belajar tentang dunia pertanian dan dapat menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan hijau," katanya.

Dia mengatakan salah satu momen pengenalan pertanian pada anak usia dini tersebut dilakukan saat adanya kunjungan dari TK dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tiara Az-Zahra Kota Palangka Raya.

Pada kesempatan itu, 75 peserta didik dikenalkan tentang jenis alat pertanian beserta fungsi serta cara penggunaannya.

"Selain itu juga ada pengenalan jamur tiram, jagung, tomat, terong, lombok dan jahe merah, bunga kol baik yang dibudidayakan secara hidroponik dan nonhidroponik. Kemudian juga kita ajarkan cara menanam tanaman hias dalam botol bekas dan praktek menanam tanaman secara microgreen," katanya.

Ketua Jurusan Budidaya Pertanian Robertho Imanuel menambahkan pihaknya akan selalu siap menerima kunjungan dari pihak manapun yang ingin belajar atau sekadar ingin mengenal pertanian.

Pada pelaksanaan kegiatan edukasi di luar ruangan itu, pihaknya menyiapkan pendamping dari tim Instalasi Kebun Percobaan dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Jurusan Budidaya Pertanian.

Kepala Sekolah TK dan PAUD Tiara Az-Zahra, Siti Zumaroh, menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran tentang pertanian ini baik dan diperlukan bagi peserta didiknya.

"Semoga anak-anak kami semakin kenal dengan pertanian sehingga nantinya menjadi sosok petani milenial yang sukses," katanya.

Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar