Karolin Sosialisasi Pentingnya Kesehatan Ibu Hamil di Desa Gombang | Borneotribun.com -->

Rabu, 09 November 2022

Karolin Sosialisasi Pentingnya Kesehatan Ibu Hamil di Desa Gombang

Karolin Sosialisasi Pentingnya Kesehatan Ibu Hamil di Desa Gombang
Karolin Sosialisasi Pentingnya Kesehatan Ibu Hamil di Desa Gombang. (Ho-Dekky)
Landak - Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa memberikan sosialisasi pentingnya kesehatan bagi ibu hamil kepada ibu-ibu di Dusun Bayang, Desa Gombang dengan berbagi pengalaman dan informasi agar mereka dapat menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang benar, kegiatan tersebut bertempat di Posyandu Bayang "Kapar Maro", Desa Gombang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, rabu (09/11/22).

Karolin meminta kepada ibu hamil untuk harus melakukan pencatatan perkembangan kehamilan pada buku kesehatan ibu dan anak yang diberikan oleh Posyandu, Puskesmas maupun Rumah Sakit yang bertujuan untuk lebih mudah mengontrol perkembangan dan resiko kehamilan.

"Didalam buku tersebut sangat lengkap panduannya, yang pertama catatan indentitas, kemudian catatkan kondisi ibu hamil dan juga ada grafik pertambahan berat badan. Nah, jika selama ini ibu-ibu periksanya di Posyandu atau bidan dan grafiknya tidak ada peningkatan maka bidan dan perawat akan memberikan saran kepada ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan di Puskesmas maupun di rumah sakit," pinta Karolin.

Karolin juga mengingatkan kepada ibu hamil jika ingin melakukan persalinan dari program pemerintah, harus mengikuti persyaratannya seperti mendaftarkan diri sejak kehamilan pertama.

"Program pemerintah untuk bersalin ada dua, satu untuk yang punya kartu BPJS dan kedua ada Jaminan Persalinan (Jampersal), dan itu gratis. Tetapi ada syaratnya pertama melahirkannya harus di Puskesmas, kedua mendaftarkannya sejak mulai kehamilan pertama, dan untuk yang kedua ini selama Saya menjabat Bupati banyak sekali masyarakat ketika mau melahirkan baru mengurus Jampersalnya," pinta Karolin.

Karolin yang berlatar belakang seorang dokter ini berpesan kepada para ibu-ibu pada saat hamil untuk dapat mengetahui kapan waktu untuk segera pergi ke dokter atau persalinan dengan mengetahui beberapa ciri-ciri dari resiko kehamilan.

"Pertama pada saat hamil tapi keluar darah baik sedikit maupun seperti menstruasi, kedua jika perutnya keras terus-menerus atau kontraksi dan yang ketiga keluar cairan bening apalagi kalau hijau maka segeralah periksa ke dokter," pesan Karolin.

(Yk/Dekky)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar