Pembangunan Pesat, Camat Batu Ampar Puji Pemkab Kubu Raya | Borneotribun.com -->

Kamis, 23 Februari 2023

Pembangunan Pesat, Camat Batu Ampar Puji Pemkab Kubu Raya

Pembangunan Pesat, Camat Batu Ampar Puji Pemkab Kubu Raya
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. (Prokopim Setda Kab. Kubu Raya)
KUBU RAYA - Camat Batu Ampar Fajri Muslim mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Pasalnya ia menilai pembangunan di Kecamatan Batu Ampar terbilang pesat. Menurutnya, sejak kurun 2019-2022 cukup banyak perubahan di Batu Ampar sebagai dampak dari pembangunan yang massif. Salah satunya pembangunan infrastruktur jalan poros.

“Jalan poros Padang Tikar-Tanjung Harapan ini sekarang Alhamdulillah. Sebelum tahun 2020 kondisinya rusak berat. Tetapi sejak 2020 telah terbangun dengan baik. Kemudian di jalan poros Tanjung Harapan yang sebelumnya juga tidak pernah tersentuh,” ujar Fajri pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tingkat Kecamatan Batu Ampar, Selasa (21/2), di Aula Kantor Camat Batu Ampar.

Fajri melanjutkan, begitu pula dengan jalan poros Desa Tasikmalaya yang sebelumnya sangat rusak. Namun pada 2021 jalan tersebut sudah diperbaiki oleh pemerintah kabupaten. Hal yang sama juga terjadi pada jalan poros Batu Ampar-Padang Tikar. 

“Alhamdulillah inilah di antara pembangunan-pembangunan yang kami nikmati di Batu Ampar sejak 2019 lalu,” ujarnya. 

Lebih jauh Fajri juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang ia nilai telah banyak melakukan terobosan dan inovasi dalam hal pelayanan publik. Di antaranya pengurusan administrasi kependudukan yang kini bisa diselesaikan di kantor camat. Sehingga meringankan masyarakat dalam hal waktu, biaya, dan tenaga. Selain itu juga inovasi SELEDRI (Selesai Dalam Sehari) yang memudahkan pengurusan administrasi kependudukan dengan berfokus kepada penerbitan dokumen kependudukan yang terintegrasi dengan dokumen kependudukan lainnya dalam satu hari pengajuan.

“Itu semua terobosan-terobosan yang sangat luar biasa dari pemerintah kabupaten,” ucapnya.

Fajri menambahkan, masyarakat Batu Ampar juga sangat terbantu dengan adanya program pengobatan gratis di Puskesmas. 

“Ini juga terobosan dari Pak Bupati. Banyak sekali inovasi yang sifatnya berpihak kepada masyarakat yang harus kita apresiasi,” tuturnya. 

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menegaskan pemerintah kabupaten akan melanjutkan pembangunan jalan-jalan poros di kecamatan. Selain itu juga pembangunan jembatan dan renovasi jalan rusak. 

“Prinsipnya bahwa daerah ini pembangunannya kita lakukan secara proporsional,” jelasnya. 

Terkait kerusakan sejumlah ruas jalan di Kecamatan Batu Ampar, Muda menilai hal tersebut sebagai sesuatu yang wajar. Bahkan menurutnya, kerusakan itu justru menunjukkan tingginya mobilitas orang dan barang yang menjadi salah satu indikasi bergeraknya perekonomian masyarakat. 

“Konsekuensinya memang tentu ada kerusakan-kerusakan dan itu wajar. Justru itu adalah menunjukkan indikator pergerakan ekonomi,” sebutnya. 

Secara khusus Muda juga mengapresiasi Kecamatan Batu Ampar dalam hal pencapaian angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Dirinya menyebut Batu Ampar menjadi salah satu penyumbang IPM yang baik bagi Kabupaten Kubu Raya. 

“Walaupun ini daerah yang jauh, tapi dari sisi stunting, kematian ibu, bayi, dan balita, serta keikutsertaan pada PAUD, itu semua menunjukkan adanya partisipasi yang sangat baik,” katanya.

OlehAtik/Ridwan
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar