Tabrakan Kereta Api Terburuk di Yunani: PM Mitsotakis Bentuk Komite Pakar Independen untuk Selidiki Penyebab | Borneotribun.com -->

Jumat, 03 Maret 2023

Tabrakan Kereta Api Terburuk di Yunani: PM Mitsotakis Bentuk Komite Pakar Independen untuk Selidiki Penyebab

Tabrakan Kereta Api Terburuk di Yunani: PM Mitsotakis Bentuk Komite Pakar Independen untuk Selidiki Penyebab
Tabrakan Kereta Api Terburuk di Yunani: PM Mitsotakis Bentuk Komite Pakar Independen untuk Selidiki Penyebab.

YUNANI - Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, berjanji bahwa sebuah "komite pakar independen" akan menyelidiki tabrakan kereta api di bagian utara Yunani yang menewaskan sedikitnya 38 orang.

Dua kereta api bertabrakan satu sama lain di Lembah Tempe pada Selasa malam (28/2), meremukkan gerbong-gerbong baja yang mengangkut sedikitnya 350 penumpang. Ini merupakan kecelakaan kereta api terburuk di negara tersebut.

Mitsotakis mengatakan komite independen ini akan berjalan secara paralel dengan penyelidikan yudisial yang sudah berjalan dan "menyelidiki sepenuhnya penyebab kecelakaan tersebut." Ia juga "menangguhkan pelaksanaan proyek kereta api dalam jangka panjang."

Kereta api dari Athena ke Thessaloniki yang membawa sedikitnya 350 penumpang, sebagian besar adalah pelajar yang baru kembali dari perayaan Karnaval. Kereta lainnya adalah sebuah kereta barang. Belum jelas mengapa kedua kereta api yang berasal dari arah berlawanan dapat berada di rel yang sama di dekat lembah sungai yang terletak sekitar 380 kilometer dari Athena.

Pihak berwenang telah menangkap kepala stasiun di perhentian terakhir kereta api itu di kota Larissa. Mereka belum merilis identitasnya atau alasan penangkapan, tetapi kepala stasiun bertanggung jawab atas lalu lintas kereta api di jalur tersebut.

Menteri Perhubungan, Kostas Karamanlis, telah mengundurkan diri. [em/jm]

Oleh: VOA Indonesia/Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar