Dua Anggota AMP Mengalami Kecelakaan Kerja, K3 PT Huadi Nickel Alloy Dipertanyakan | Borneotribun.com -->

Sabtu, 29 April 2023

Dua Anggota AMP Mengalami Kecelakaan Kerja, K3 PT Huadi Nickel Alloy Dipertanyakan

Dua Anggota AMP Mengalami Kecelakaan Kerja, K3 PT Huadi Nickel Alloy Dipertanyakan.
Bantaeng, Sulsel - Kembali terjadi kecelakaan kerja di PT. Huadi Nickel Alloy Indonesia pada Jumat malam 28 april 2023 yang mengakibatkan kematian. Korban tersebut atas nama Sarijuddin yang akrab disapa Arjun warga Dusun Balla Tinggia, Desa Papanloe, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng. 

Diduga korban meninggal karena tersengat listrik saat berjalan didalam pabrik untuk pulang ke rumahnya. Korban sendiri sudah hampir 2 tahun bekerja di PT. Huadi dan merupakan anggota dari Aliansi Masyarakat atau AMP. 

Belum satu bulan, telah terjadi dua kecelakaan kerja di PT. Huadi yang menimpa dua anggota AMP. Sebelumnya Arjun warga Dusun Kayu Loe juga mengalami kecelakaan pada Jumat sore 7 april 2023 yang mengakibatkan kehilangan 1 kakinya. 

Dari dua kejadian tersebut Riswandi Haris selaku ketua AMP mempertanyakan kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di PT. Huadi Nickel Alloy Tersebut.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun, dalam kurung waktu kurang dari sebulan, kami (AMP) berduka, kali ini anggota kami tersengat aliran listrik yang mengakibatkan meninggal dunia. Kami tentunya ingin mempertanyakan kinerja K3 di PT Huadi Nickel Alloy Indonesia sebab dalam kurung waktu kurang dari sebulan dua orang anggota kami mengalami kecelakaan kerja," Tegas Riswan, Sabtu (29/4/2023).

Selain persoalan K3, AMP saat ini menunggu hasil investigasi dari pihak berwajib atas kematian anggotanya.

"Selain itu Kami juga akan menunggu hasil investigasi dari pihak berwajib, kami juga minta kepada pihak perusahaan untuk mengevaluasi kinerja para karyawan K3-nya," Ungkapnya.

Ditempat yang sama Irwan Lawing Sekretaris Umum (Sekum) AMP menyampaikan duka atas meninggalnya salah satu anggota AMP. 

"Innalillahi wainnailaihi rojiun, turut berduka cita atas meninggalnya saudara Kita Sirajuddin. Almarhum adalah orang baik, semoga Almarhum ditempatkan di surganya Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan," Ungkap Lawing.

Irwan Lawing menambahkan agar para pekerja tetap berhati-hati dalam bekerja dan tidak lupa meminta doa perlindungan dari segala marabahaya. 

"Musibah ini membuat Kita sangat terpukul, olehnya itu untuk para pekerja agar berhati-hati dalam beraktivitas didalam area perusahaan terutama untuk teman-teman AMP. Dan yang paling penting adalah jangan lupa untuk berdoa meminta perlindungan kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan keselamatan dan dijauhi dari segala marabahaya," Tambahnya.

Sama dengan Ketua AMP, Lawing juga menyoroti soal K3 di PT. Huadi. 

"Lagi dan lagi, persoalan K3 menjadi pekerjaan yang tidak pernah beres dan itu menjadi PR besar untuk manajement perusahaan PT. Huadi Nickel Alloy Indonesia," Tutupnya.

(IL/Hermanto)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar