Makanan Bersamaan atau Terpisah? Lima Kombinasi Makanan yang memberikan manfaat lebih besar bagi Tubuh | Borneotribun.com -->

Selasa, 13 Februari 2024

Makanan Bersamaan atau Terpisah? Lima Kombinasi Makanan yang memberikan manfaat lebih besar bagi Tubuh

Makanan Bersamaan atau Terpisah? Lima Kombinasi Makanan yang memberikan manfaat lebih besar bagi Tubuh
Arsip Foto - Kombinasi makanan sehat. (Shutterstock/Margouillat Photo)
JAKARTA - Sejumlah makanan memiliki manfaat yang lebih besar ketika dikonsumsi bersamaan daripada saat dikonsumsi secara terpisah, demikian dikatakan oleh Susan Bowerman, Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife, dalam keterangannya di Jakarta pada Senin.

Bowerman menjelaskan tentang konsep sinergi makanan yang mempertimbangkan efeknya terhadap penyerapan nutrisi dalam tubuh.

"Ini adalah konsep kombinasi makanan atau sinergi makanan dengan mempertimbangkan dampaknya pada tingkat penyerapan nutrisi di dalam tubuh," katanya.

Berikut ini adalah lima kombinasi makanan yang memberikan manfaat lebih besar bagi tubuh bila dikonsumsi secara bersamaan:

1. Sayuran Berwarna dengan Sedikit Lemak

Bowerman menjelaskan bahwa banyak buah dan sayuran mengandung senyawa yang disebut karotenoid, yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. "Senyawa ini larut dalam lemak, yang berarti ketika makan sayuran dengan sedikit lemak, tubuh dapat menyerap lebih banyak karotenoid," katanya.

2. Vitamin C dengan Sayuran dan Biji-bijian yang Mengandung Zat Besi

"Ketika mengonsumsi Vitamin C bersama dengan sumber zat besi non-heme, tubuh dapat menyerap zat besi lebih baik," jelas Bowerman. Dia menambahkan bahwa Vitamin C dalam satu jeruk atau buah tomat bisa meningkatkan penyerapan zat besi sampai tiga kali lipat.

3. Lemon dan Teh Hijau

Bowerman menyebutkan bahwa fitonutrien dalam teh hijau dan antioksidan katekin dapat membantu melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan oksidatif. "Ketika menambahkan lemon ke teh hijau, Vitamin C dapat membantu tubuh menyerap senyawa bermanfaat ini," katanya.

4. Ikan dan Sayuran Hijau

"Menggabungkan ikan berlemak dengan sayuran hijau akan membantu tubuh menyerap kalsium dalam sayuran," ujar Bowerman. Dia menekankan bahwa ikan seperti salmon dan mackerel menyediakan Vitamin D, sementara sayuran hijau seperti kale menyediakan kalsium.

5. Campuran Makanan Nabati

Bowerman menjelaskan bahwa manfaat antioksidan meningkat ketika makanan nabati dikonsumsi dalam bentuk campuran. "Kombinasi jeruk, apel, anggur, dan blueberry telah terbukti dapat mendatangkan manfaat antioksidan yang lebih besar daripada jumlah yang setara dari masing-masing buah ketika dimakan sendiri-sendiri," katanya.

Dengan menggabungkan makanan dengan bijaksana, tubuh dapat memperoleh manfaat nutrisi yang lebih besar daripada saat makanan tersebut dikonsumsi secara terpisah.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar