Memilih Hijab yang Nyaman, Tips dan Trik dari Para Ahli | Borneotribun.com -->

Selasa, 13 Februari 2024

Memilih Hijab yang Nyaman, Tips dan Trik dari Para Ahli

Memilih Hijab yang Nyaman, Tips dan Trik dari Para Ahli
Seorang pengunjung meraba bahan hijab hasil kolaborasi Buttonscarf x Kami pada pameran “The Kimmonia Series” di Atrium Barat Mal Pondok Indah, Jakarta, Senin. (ANTARA/ Putri Hanifa)
JAKARTA - Memilih hijab yang nyaman dan sesuai dengan preferensi pribadi merupakan langkah penting dalam menjaga kenyamanan sepanjang hari. 

Salah satu hal utama yang perlu diperhatikan adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan hijab.

Menurut pendiri Jenama Fesyen Muslim, Istafiana Candarini, atau yang dikenal dengan nama Irin, bahan voal sering kali menjadi pilihan karena kenyamanannya. 

Irin menyatakan bahwa banyak pabrik tertarik untuk memproduksi bahan voal yang nyaman, namun tidak semua berhasil karena bahan ini umumnya dikembangkan dan dipatenkan oleh pabrik-pabrik tertentu.

"Banyak pabrik yang ingin membuat voal yang kami gunakan, tetapi mereka mengalami kesulitan karena bahan ini dikembangkan dan dipatenkan oleh beberapa pabrik," kata Irin dalam konferensi pers "The Kimmonia Series" di Jakarta, Senin.

Selain memilih bahan yang tepat, penting juga untuk memperhatikan cara memakai hijab dengan benar. 

Irin menyarankan penggunaan pentul di bagian leher dan menyilangkan bagian depan ke belakang untuk menjaga hijab tetap stabil dan tidak mudah terlepas selama beraktivitas.

Nadya Karina, pendiri lain dari Jenama Fesyen Muslim, menegaskan bahwa memilih hijab yang nyaman dan sesuai dengan preferensi pribadi adalah kunci untuk menjaga kenyamanan sepanjang hari. 

Dia juga menekankan pentingnya mempertimbangkan bentuk wajah dan gaya rambut masing-masing individu dalam memilih model hijab yang tepat.

"Setiap wanita memiliki bentuk wajah dan gaya rambut yang berbeda, jadi tips memakai hijab yang nyaman bisa berbeda untuk setiap orang," ungkap Nadya.

Beberapa wanita menyarankan memperhatikan bentuk wajah dan panjang rambut saat memilih cara memakai hijab. 

Misalnya, bagi yang memiliki jidat lebih menonjol atau jambang yang panjang, mungkin lebih nyaman dengan model hijab tertentu. 

Ada juga yang menyarankan penggunaan ciput sebagai dasar sebelum memakai hijab untuk menjaga rambut tetap tertutup dan rapi sepanjang hari.

Meskipun begitu, beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan penggunaan ciput dan lebih memilih langsung menggunakan pashmina.

Nadya menganggap voal sebagai salah satu bahan yang paling nyaman untuk digunakan dalam hijab. 

Dia menjelaskan bahwa voal memiliki tekstur yang lembut seperti paris dan cukup tebal untuk menutupi bagian tertentu dengan baik.

"Dengan mengenali bentuk wajah, gaya rambut, dan preferensi pribadi, setiap wanita dapat menemukan cara memakai hijab yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanannya. Yang terpenting, kenali diri sendiri dan pilihlah hijab yang dapat menaikkan kepercayaan diri serta nyaman sepanjang hari," tambahnya.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Buka Komentar