Omoda E5, Mobil Listrik Terbaru Chery Dibanderol Sama dengan Versi Non-listriknya | Borneotribun.com -->

Rabu, 07 Februari 2024

Omoda E5, Mobil Listrik Terbaru Chery Dibanderol Sama dengan Versi Non-listriknya

Chery Omoda E5 pada peluncurannya di Park Hyatt, Jakarta, Senin (5/2/2024).
Chery Omoda E5 pada peluncurannya di Park Hyatt, Jakarta, Senin (5/2/2024).
JAKARTA - Chery, produsen mobil asal Tiongkok, resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya, Omoda E5, dengan harga yang setara dengan versi non-listriknya, Omoda 5 GT. 

Pada acara peluncuran yang digelar di Jakarta pada Senin malam (5/2), PT Chery Sales Indonesia (CSI) mengumumkan bahwa harga Omoda E5 dibanderol sebesar Rp498,8 juta (on the road/OTR Jakarta), sedangkan untuk seribu pembeli pertama, harga yang ditawarkan adalah Rp488,8 juta (OTR Jakarta).
Chery Omoda E5 pada peluncurannya di Park Hyatt, Jakarta, Senin (5/2/2024).
Chery Omoda E5 pada peluncurannya di Park Hyatt, Jakarta, Senin (5/2/2024).
Meskipun memiliki harga yang sama, PT CSI menegaskan bahwa Omoda E5 dan Omoda 5 GT tidak akan bersaing dalam pasar yang sama karena keduanya memiliki segmen yang berbeda. 

Menurut Assistant President Director PT CSI Zeng Shuo, "Pelanggan yang memilih mobil listrik sebenarnya berbeda dengan pelanggan yang tertarik dengan penggerak semua roda (AWD), karena AWD lebih ditujukan untuk kapasitas yang lebih tinggi, seperti untuk off-road."

Zeng juga menjelaskan bahwa penjualan Omoda 5 GT lebih diminati oleh pembeli di luar pulau dengan medan yang lebih menantang atau oleh mereka yang memiliki hobi off-road. 

Sementara Omoda E5 dirancang sebagai mobil ramah lingkungan yang mendukung mobilitas perkotaan.

Meski demikian, PT CSI yakin bahwa kedua model ini akan sukses di pasaran dengan segmen masing-masing, meskipun memiliki harga jual yang setara. 

"Kami pikir banyak penjualan all-wheel drive kami di luar pulau umum, dan masih ada permintaan yang sangat tinggi untuk itu. Omoda E5 memberikan penawaran yang berbeda, untuk pelanggan yang ingin mencoba teknologi terdepan, ingin beralih ke energi ramah lingkungan," jelas Zeng.

Chery Omoda E5 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 61 kWh dan memiliki jarak tempuh sekitar 430 km menurut metode standar WLTC (Worldwide harmonized Light Vehicles Test Procedure). 

Sedangkan jika diukur menggunakan standar NEDC (New European Driving Cycle), Omoda E5 dapat menempuh jarak hingga 505 km.

Baterai Omoda E5 diklaim tahan terhadap tusukan benda tajam dan lebih stabil dalam suhu panas berkat penggunaan teknologi baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) yang dikenal sebagai Blade Battery. 

Teknologi ini membuat baterai LFP tidak berpotensi meledak atau terbakar jika terkena guncangan, tekanan berat, atau dilempar dari ketinggian, berbeda dengan baterai berbasis nikel (nickel manganese cobalt/NMC).

Omoda E5 juga telah lolos dari serangkaian uji keamanan baterai seperti extrusion test (uji ekstrusi), puncture test (uji tusukan), scraping test (uji gesekan bawah), dan wading test (uji mengarungi air).

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar