TPN Ganjar-Mahfud Siap Tempatkan Relawan di Tiap TPS | Borneotribun.com -->

Selasa, 13 Februari 2024

TPN Ganjar-Mahfud Siap Tempatkan Relawan di Tiap TPS

TPN Ganjar-Mahfud Siap Tempatkan Relawan di Tiap TPS
Ilustrasi TPS Pemilu 2024. Cara cek TPS Pemilu 2024 di situs cekdptonline.kpu.go.id.(SHUTTERSTOCK/E. UTAMA)
JAKARTA - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud), Chico Hakim, menegaskan komitmen pasangan tersebut untuk memastikan bahwa proses pencoblosan Pilpres 2024 berjalan tanpa adanya kecurangan. 

Dalam pernyataannya kepada wartawan di Jakarta, Chico menegaskan bahwa saksi dan relawan dari tim Ganjar-Mahfud akan diposisikan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memastikan tidak ada celah bagi "akal-akalan".

"Selain menempatkan saksi, kami juga menempatkan relawan di tiap TPS. Bukan hanya saksi resmi, tetapi juga ada pendampingan karena kecurangan bisa terjadi di luar TPS," ungkap Chico.

Selain mengandalkan kekuatan relawan, Chico juga mengajak masyarakat untuk aktif mengawasi proses pemungutan suara. Dia menekankan pentingnya untuk mengantisipasi bentuk-bentuk kecurangan seperti intimidasi dan politik uang di luar TPS.

"Kami mengajak masyarakat untuk proaktif bersuara ketika ada kecurangan," tambah Chico.

Belum lama ini, TPN Ganjar-Mahfud telah meluncurkan aplikasi bernama "Oke Mas Ganjar-Mahfud" atau OMG, yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan indikasi kecurangan dalam Pemilu 2024.

Chico menjelaskan bahwa tim Ganjar-Mahfud telah melakukan pemetaan terhadap sejumlah daerah yang dianggap rawan terjadi kecurangan pemilu. "Semua daerah saat ini rawan kecurangan. Di daerah yang padat seperti Jawa Tengah dan Jawa Barat, serta beberapa kota di Sumatera, pengawasan akan diperketat. Kami memiliki cukup banyak sumber daya manusia untuk mengawasi," ujarnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Themis Indonesia bersama Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pengawasan Pemilu 2024 mengidentifikasi lima provinsi yang paling rentan terhadap kecurangan, antara lain Jawa Barat, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan.

Chico menambahkan bahwa kecurangan pemilu tidak hanya terjadi di kota-kota besar, tetapi juga bisa muncul di daerah pelosok yang sulit dijangkau. Dia menekankan pentingnya pengawasan terhadap manipulasi surat suara di TPS dan perjalanan kotak suara di daerah-daerah terpencil.

Dalam kampanye akbar bertajuk "Hajatan Rakyat" di Banyuwangi, Jawa Timur, Ganjar Pranowo menyerukan kepada para relawan dan masyarakat untuk mengawasi jalannya pemilu. Ganjar menegaskan bahwa masyarakat tidak boleh tinggal diam ketika terjadi kecurangan.

"Kita harus bersama-sama memenangkan pemilu lagi," tutur politikus dari PDI-Perjuangan tersebut.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar