Hadiri Silaturahmi Ramadhan Di Singkawang, Ini Pesan Pj Sekda Kalbar | Borneotribun.com -->

Sabtu, 23 Maret 2024

Hadiri Silaturahmi Ramadhan Di Singkawang, Ini Pesan Pj Sekda Kalbar

Hadiri Silaturahmi Ramadhan Di Singkawang, Ini Pesan Pj Sekda Kalbar
Hadiri Silaturahmi Ramadhan Di Singkawang, Ini Pesan Pj Sekda Kalbar.
SINGKAWANG - Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Mohammad Bari, S.Sos, M.Si, mewakili Penjabat Gubernur Kalimantan Barat menghadiri acara Silaturahmi  Ramadhan dalam rangka  Safari Ramadhan  bersama Safari Ramadhan 1445 H di Kota Singkawang yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Swiss Belt Kota Singkawang. Jum'at (22/03/2024).

Pada arahannya Pj. Sekda Kalbar menjelaskan bahwa Safari yang rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Ramadhan ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten / Kota se - Kalimantan Barat serta Masyarakatnya.

"Silaturahmi ini menjadi target  penting  bagi Pemerintah Kalimantan Barat dalam membangun  Ukhuwah Islamiyyah di Bulan Suci Ramadhan dan untuk itu kita harapkan pertemuan kali ini dapat menjadi manfaat bagi yang menghadirinya. Dengan adanya momen ini diharapkan kita dapat menambah semaraknya suasana bulan suci Ramadhan serta dapat menjalin kerukunan umat beragama diantara kita semua dengan tetap terjaga dan dapat berlangsung lebih baik, toleransi keagamaan secara baik, aman,  damai dan sejahtera" harap Bari.

Kemudian ia menjelaskan salah satu program Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam Pembangunan adalah meningkatkan kualitas spiritual  masyarakat melalui pendidikan dan kegiatan keagamaan.

“Hal ini dengan terus mengajak masyarakat untuk mentaati dan melaksanakan agama lebih baik dan benar agar  tidak berpemahaman yang sempit. Dimana ajaran agama tak hanya mengajarkan  masalah keimanan dan hubungan dengan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, maupun dengan sesama manusia. Dan banyak hikmah yang dapat dipetik selama bulan Ramadhan dalam membentuk karakter umat baik melalui pengajian  maupun Tausiyah dalam rangka meningkatkan nilai beragama dengan memakmurkan rumah ibadah sehingga akan terwujud suasana kondusif dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara”, tambahnya.

Bulan suci Ramadhan ini juga dapat mendidik umat Islam untuk meningkatkan kesabaran, yaitu sabar dalam menahan lapar dan dahaga di siang hari, serta sabar dalam mengendalikan hawa nafsu.

“Para ulama telah membagi sabar dalam beberapa kategori yaitu, Sabar dalam beribadah, Sabar dalam menghadapi kemaksiatan dan sabar dalam menghadapi musibah, oleh karena itu kata alim ulama hendaknya kita harus mampu menjaga empati dan personaliti masyarakat Kalbar bahwa proses pembangunan fisik dan spiritual khususnya kerukunan umat beragama", terangnya.

Ia juga berharap toleransi di Kota Singkawang tetap terjaga menjadi bingkai dalam percepatan pembangunan di KKota paling toleran di Indonesia tersebut.

“Apalagi dengan dibangunnya Bandar Udara Singkawang yang mudah-mudahan akan menjadi bandara sekelas Bandara Soekarno - Hatta dan dengan diresmikannya pada bulan Ramadhan 1445 H ini akan membawa berkah untuk kita semua", harapnya.

Pada kesempatan tersebut Penjabat Walikota Singkawang menyambut baik atas kunjungan dari Pemprov Kalbar di bulan suci Ramadhan ini. Ia juga berharap agar pahala Ibadah Puasa yang dijalani ini Senantiasa  diterima Allah SWT. 

"Mudah-mudahan dengan amalia yang telah kita lakukan ini dapat meningkatkan nilai-nilai Ukhuwah Islamiyah diantara kita seiman dan beragama. Kemudian kita juga dapat meningkatkan nilai-nilai Persaudaraan yang betul menjadi bagian dari nilai dalam sebuah kondisi yang toleran, dimana sudah 3 tahun Kota Singkawang mendapatkan Predikat Kota yang paling Toleran di Indonesia”, tutur Sumastro.

Sebagaimana disampaikannya bahwa Kota Singkawang sekarang ini sedang berbunga-bunga karena sedang menjadi trending topic karena baru saja diresmikannya Bandara Udara Singkawang oleh Presiden Jokowi pada bulan Ramadhan 1445 H. Yang mana perencanaannya sudah lebih dari 20 tahun.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan Bantuan berupa bibit bahan pangan terdiri atas Jagung, Keladi, Cabai Polibag sebanyak 23.700 batang dan benih  sayuran pengembangan perkarangan, 75 kg, beras, 10 kg kacang, hija,  15 kg  gula pasir, 48 kg susu kental manis, 15 liter minyak goreng, 4 dus mie instan, 5 lusin Pen, 5 lusin Penggaris, 5 lusin penghapus dan 62 kotak pensil, dan 60 pak buku tulis yang diserahkan oleh Penjabat Sekda Provinsi Kalbar secara simbolis kepada Penjabat Walikota Singkawang.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Pj. Sekda Kota Singkawang, Aulia Chandra, S.STP,  beberapa kepala OPD Provinsi Kalbar,  Dirut Bank Kalbar, H. Rokidi, SE., M.M,  Direktur Kepatuhan Bank Kalbar, R.S.M  Al Amin, B.A, SE,ME., Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Muhlis, M.Pd,  jajaran Kepala OPD Pemkot Singkawang dan Para Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat seperti Mantan Walikota Singkawang Periode 2002–2007 dan 2012–2017 Awang Ishak bersama wakilnya di periode kedua Abdul Muthalib.(Adpim)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar