Cegah dan Minimalisir Laka Lantas, Dishub dan Sat Lantas Polres Sekadau gotong Royong Bersihkan Rambu Lalin | Borneotribun.com -->

Jumat, 26 April 2024

Cegah dan Minimalisir Laka Lantas, Dishub dan Sat Lantas Polres Sekadau gotong Royong Bersihkan Rambu Lalin

Pembersihan Rambu lalu Lintas di jalan Paralel dan dalam kota Sekadau oleh Petugas Dishub Pemda dan Sat Lantas Polres Sekadau. (Dok.Dishub)
Pembersihan Rambu lalu Lintas di jalan Paralel dan dalam kota Sekadau oleh Petugas Dishub Pemda dan Sat Lantas Polres Sekadau. (Dok.Dishub)
SEKADAU – Sejumlah rambu - rambu lalu lintas di jalan paralel dan dalam pasar Sekadau dibersihkan oleh Petugas Dinas Perhubungan Pemda dan Sat Lantas Polres Sekadau, Jumaat (26/4/2024) pagi. kegiatan  ini sebagai bagian dari menyadarkan masarakat pentingnya mematuhi rambu lalu lintas yang sudah terpasang.

"Berdasarkan Undang – Undang 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, dinyatakan bahwa Rambu Lalu Lintas adalah bagian perlengkapan Jalan yang berupa lambang, huruf, angka, kalimat, dan/atau perpaduan yang berfungsi sebagai peringatan, larangan, perintah, atau petunjuk bagi Pengguna Jalan," jelas Hermansyah, Kepala Dinas Perhubungan Pemda Sekadau.

Ditekankan Hermansyah, dalam rangka menyadarkan masyarakat untuk selalu patuh dan  memahami jenis rambu rambu lalu lintas yang terpasang di sepanjang jalan, pihaknya (Dishub)  bersama anggota Satantas Polres Sekadau melakukan bersih-bersih rambu lalu lintas baik itu membersihkan  rumput di area rambu maupun mencerahkan kembali cat rambu yang kusam.

"Termakan usia sehingga para pengguna jalan diharapkan bisa melihat rambu rambu lalu dengan jelas," timpal Hermansyah.

Tentunya, tujuan dari kegiatan ini untuk mencegah da meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sekadau. 

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sekadau, IPTU Pandi didampingi, Korlap lapangan dalam kegiatan ini, yang juga KBO Sat Lantas, IPDA Alexander Aldo menyatakan pihaknya,  menyambut baik langkah Dinas Perhubungan Kabupaten Sekadau dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang rambu-rambu lalu lintas.

"Seperti yang disampaikan oleh Kadishub , rambu lalu lintas memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan di jalan raya," ujar IPTU Pandi.

Kegiatan bersih-bersih rambu lalu lintas yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polres Sekadau merupakan langkah yang tepat untuk memastikan rambu-rambu lalu lintas terlihat jelas dan mudah dipahami oleh pengguna jalan.

"Benar, jika rambu - rambu jelas logo dan tulisanya,  dapat membantu meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sekadau," tambah Kasat Lantas.

Polres Sekadau,  melalui Satlantas,dikatakan IPDA Pandi, selalu bersinergi dan mendukung Dinas Perhubungan.

"Ini dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang rambu-rambu lalu lintas," pungkasnya. 

Penulis: Arni

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar