Iklan

Iklan

Gunakan Benda Ini Dirumah Jaga Kebersihan Dari Virus Corona

28/03/20, 19:02 WIB Last Updated 2020-03-28T12:02:29Z
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto (foto : liputan6)

BORNEOTRIBUN --- Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit yang disebabkan karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Sebagaimana dilansir dari laman alodokter.com, ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yakni demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius), batuk dan sesak napas.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk tidak panik dan ramai-ramai melakukan pengecekan corona via swab ke rumah sakit.

Menurut Yuri, hal yang terpenting adalah menjaga kondisi tubuh tetap bugar sehingga imunitas tubuh bisa melawan virus corona yang mudah menular.

Achmad Yurianto juga menjelaskan bahwa virus ini bisa mati karena terkena detergen sebagaimana dikutip dari laman tirto.id (16/03/2020)

"Tapi yakinkan setelah digunakan langsung dicuci dengan sabun. Karena kita tahu bahwa virus ini bungkusnya sangat rapuh jika terkena deterjen. Dia akan gampang pecah dan kalau itu pecah maka virusnya mati," kata Yuri.

Sering kita menyebut sabun dan detergen secara bergantian. Padahal, keduanya berbeda. Detergen mengandung zat kimia yang berfungsi untuk memecah dan menghilangkan minyak serta kotoran.

Sedangkan sabun merupakan salah satu dari sekian banyak jenis detergen. Sabun menjadi salah satu produk yang diduga dapat menangkal virus corona. Tapi bukan sabun sembarangan, melainkan sabun antiseptik.

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dari wabah virus corona ini, Aamiiin.

Sumber referensi :
www.alodokter.com/virus-corona
tirto.id/achmad-yurianto-virus-corona-mudah-mati-jika-terkena-deterjen-eFvk
kumparan.com/kumparansains/kenapa-detergen-disebut-bisa-bunuh-virus-corona-apa-bedanya-dengan-sabun-1t2Qh0HLkS2
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gunakan Benda Ini Dirumah Jaga Kebersihan Dari Virus Corona

Terkini

Iklan