Biar Tidak Bosan Di Rumah, Lakukan Ini Pada Anak | Borneotribun.com -->

Selasa, 07 April 2020

Biar Tidak Bosan Di Rumah, Lakukan Ini Pada Anak


BORNEOTRIBUN --- Selama pandemi virus corona (Covid-19) ini, anak-anak diliburkan dari sekolah dan tidak bisa keluar rumah kemana-mana, untuk menghambat penyebaran virus Corona.

Padahal di tengah pandemi anak harus tetap produktif dalam hal bersosialisasi dan juga beraktivitas, agar ia menjadi pribadi yang komunikatif dan juga pandai bergaul bersama teman-temannya.

Namun mengingat saat ini masih dalam masa physical distancing, aktivitas apa sih yang bisa dilakukan oleh si kecil agar ia tidak mudah stress dan cepat bosan? Berikut aktivitas yang bisa dilakukan dilansir dari berbagai sumber.


1. Mengikuti Kegiatan di Rumah

Melibatkan anak dalam kegiatan rumah seperti membersihkan ruangan bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab mereka. Berikanlah tugas-tugas kecil kepada anak seperti merapikan mainan sehabis dipakai, mengambilkan sesuatu, atau mengenalkannya pada fungsi alat tertentu.

2. Membuat Karya

Mengasah kreativitas anak bisa dengan cara memberikan mereka tugas untuk mengumpulkan ide-ide kreatif. Saat ide-ide sudah terkumpul, Anda dapat memperbolehkan si kecil untuk menuangkannya dalam bentuk lukisan atau gambar atau apa saja yang menjadi keinginan mereka.

3. Belajar Online

Walaupun di rumah, si kecil juga bisa diajak untuk belajar secara online. Bisa melalui video-video pembelajaran ataupun materi-materi sekolah yang dikirimkan oleh guru. Namun usahakan agar anak anda tidak terpaku dengan pelajaran yang membosankan. Bantulah dia untuk belajar dengan suasana hati yang senang.


4. Membaca Buku

Membuat si kecil membaca buku atau membacakan buku kepada dirinya, dapat membuat pikirannya tetap aktif. Jika Anda mau mengikuti aktivitas si kecil dengan membacakannya buku, mungkin saja kebiasaan membaca buku pada anak dapat terbentuk. Agar tidak mudah bosan, Anda bisa menirukan beragam macam ekspresi sesuai dengan karakter atau tokoh dalam cerita.

Perlu diperhatikan, agar tidak memengaruhi kondisi fisik buah hati, kegiatan di rumah juga harus dibatasi. Ada kalanya ia harus beristirahat dengan tidur siang. Banyak kegiatan dikhawatirkan akan membuatnya kelelahan dan sakit.(red)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar