Warga Lumar Awali Kegiatan Berladang Dengan Ritual Ngarantek Sawa Bahu. | Borneotribun.com -->

Kamis, 11 Juni 2020

Warga Lumar Awali Kegiatan Berladang Dengan Ritual Ngarantek Sawa Bahu.



BORNEOTRIBUN I BENGKAYANG - Sesuai tradisi sebelum memulai aktivitas berladang selalu diawali dengan sebuah ritual adat yang disebut 'Ngarantek Sawa Bahu' yang merupakan tradisi memohon keberkahan dari nenek moyang untuk memberkati segala peralatan dan aktivitas pertanian yang akan dimulai pada selasa ( 9/6/20 ) lalu di Dusun Lumar Dalam, Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar,Kabupaten Bengkayang.

Ritual Adat "Ngarantek Sawa Bahu" ke IV dihadiri Ketua DAD Kecamatan Lumar Esidorus , Sekretaris DAD Kecamatan Lumar Dedianto, Ketua Bamera Lumar, Syukur Kurniawan dan para tokoh Adat  dusun lumar Desa Tiga Berkat Serta tokoh pemuda Desa Tiga Berkat serta kapolsek lumar, Ipda.Sunarli, SH.

Kapolsek Lumar, Ipda. Sunarli, SH menuturkan kegiatan ritual adat tersebut berlangsung lancar dan khidmat. Dan kegiatan Adat ngarantek sawa bahu ke IV adalah kegiatan setiap tahunnya di lakukan oleh masyarakat Desa Tiga Berkat.

"Saya mengapresiasi kegiatan kearifan lokal yang di latar belakangi kebudayaan, saya tetap mengimbau untuk tetap bersama menjaga situasi Kamtibmas dan tetap mengikuti program pemerintah "New Normal" dalam sikapi situasi Pandemi Covid-19 ". Ungkap Kapolsek.



Penulis : Rilis / Rinto Andreas
Editor    : Herman

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar