Iklan

Iklan

Rider Portugal Pengukir Sejarah di MotoGP, Ini Profil Miguel Oliveira

Redaksi
23/08/20, 23:45 WIB Last Updated 2020-08-23T16:45:21Z

 : 

Miguel Oliveira menjadi yang tercepat di MotoGP Styria. Dia keluar sebagai juara secara dramatis setelah menyodok di tikungan terakhir. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp


BORNEOTRIBUN - Miguel Oliveira berhasil keluar sebagai pemenang di MotoGP Styria. Hal ini membuatnya mencatatkan sejarah untuk Portugal di ajang MotoGP.


MotoGP Styria 2020 berlangsung di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (23/8/2020) malam WIB. Kejutan terjadi di tikungan terakhir dengan menghadirkan Oliveira sebagai juara.


Rider asal Portugal itu finis terdepan setelah memanfaatkan serunya persaingan Jack Miller dan Pol Espargaro dalam mengincar posisi pertama. Di saat keduanya terlalu masuk ke dalam di tikungan terakhir, Oliveira menyodok Miller dan Pol.

Miguel Oliveira menjadi juara. (Foto: AP Photo/Steve Wobser)


Gelar juara ini mengantarkan Oliveira ke catatan sejarah. Dia menjadi orang Portugal pertama yang berhasil meraih kemenangan di MotoGP.


Keberhasilan rider 25 tahun ini juga menjadi kemenangan pertama KTM. Hasilnya menjadi sangat luar biasa karena KTM bermarkas di Austria. GP Styria juga balapan bersejarah. Momen ini menjadi penanda race ke-900 MotoGP.


"Sejarah hari ini untuk saya dan negara saya, dan saya lebih bahagia melakukannya di sini, di rumah KTM," kata Oliveira seperti dikutip dari IOL Sport.


Oliveira telah memasuki musim keduanya di MotoGP. Perjalanannya di kelas premier pertama kali pada 2019 dengan mencatatkan 33 poin dari 16 kali balapan.


Sebelum menjadi pemenang, balapan terbaiknya di MotoGP terjadi di MotoGP Ceko 2020 dengan finis di posisi keenam. Sepanjang musim ini Oliveira sudah mengumpulkan 43 poin, kalah 27 angka dari Fabio Quartararo di posisi teratas.


Perjalanan Oliveira


Oliveira memulai balapan di ajang Grand Prix pada 2011. Di membalap di kelas 125cc dengan motor Aprilia untuk tim Andalucia Banca Civica. Tak ada podium yang didapat selama 11 kali membalap.


Setahun berselang, kelas 125cc berganti menjadi Moto3. Pebalap kelahiran Almada, 4 Januari 1995 itu beralih ke Suter Honda dengan tim Estrella Galicia. Oliviera meraih dua podium dari 17 balapan.


Performa Oliveira di kelas Moto3 meningkat pada 2015 dengan motor KTM di tim Red Bull KTM Ajo. Juara pertama di ajang Grand Prix pun didapat saat membalap di Italia. Secara keseluruhan di musim tersebut, dia juara sebanyak enam kali.


Oliveira promosi ke Moto2 pada 2017. Pada tiga seri akkhir, dia keluar sebagai juara bersama KTM: di Austria, Malaysia, dan Valencia. KTM kemudian membawanya ke kelas MotoGP pada 2019 dan masih terus percaya dengan Oliveira sampai saat ini.


(yk/detik/rn/rf)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rider Portugal Pengukir Sejarah di MotoGP, Ini Profil Miguel Oliveira

Terkini

Iklan