Tertinggi di Kalbar, Kayong Utara Kembali Diganjar Penghargaan Dari BPJS | Borneotribun.com -->

Rabu, 16 September 2020

Tertinggi di Kalbar, Kayong Utara Kembali Diganjar Penghargaan Dari BPJS

 

Deputi  Direksi BPJS Wilayah Banten, Kalbar  menyerahkan  simbolis Kartu JKN-KIS. (Foto: BT/JH)


SUKADANA | BORNEOTRIBUN - Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan  atau BPJS Kesehatan kembali memberikan apresiasi pada Pemkab Kayong Utara atas keberhasilan memberikan proteksi kesehatan bagi penduduknya. 


Apresiasi itu diberikan dalam bentuk penghargaan yang diserahkan Donni Hendrawan selaku deputi direksi wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung BPJS Kesehatan, kepada Kepala Daerah Kayong Utara, Citra Duani pada selasa (15/9) pagi di istana rakyat jalan tanah merah Sukadana.


"Capaian cakupan kepesertaan yang tinggi di Kabupaten Kayong Utara ini merupakan wujud nyata komitmen dari jajaran pemerintah Kabupaten Kayong Utara untuk hadir memberikan proteksi kesehatan bagi seluruh penduduknya. Dengan komitmen yang kuat ini keyakin program JKN-KIS akan semakin luas dirasakan oleh masyarakat Indonesia" kata Donni Hendrawan, selasa (15/9).


Saat ini diungkapkan Donni, sebanyak 22.957 fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan 2.544 Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan telah menjadi Provider BPJS Kesehatan diseluruh Indonesia.


"Salah satu manfaat unggulan yang dapat diterima oleh Peserta JKN-KIS termasuk peserta integrasi Jamkesda adalah portabilitas. Dimana setiap pemegang kartu JKN KIS bisa mendapatkan pelayanan difasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia" kata dia. 


Ketika menerima itu, Citra Duani merasa bangga sekaligus menegaskan bahwa Pemkab tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi penduduk Kabupaten Kayong Utara. 


"Jaminan Kesehatan sangat diperlukan oleh masyarakat terutama yang saat ini dalam keadaan sakit dan tidak mampu membiayai pengobatannya" kata Citra Duani.


Berikutnya, Bupati memaparkan data kepesertaan BPJS kesehatan dimana per 1 Agustus 2020 sebanyak 121.493 jiwa atau 95.44 persen dari total penduduk Kayong Utara sebanyak 127.301 jiwa sudah tercover dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional melalui biaya APBD.


Citra memastikan, selama kepemimpinan dirinya, program kesehatan gratis mengandeng BPJS kesehatan tetap terus dipertahankan. 


"Kita tetap komitmen memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat" ujar Citra.


Atas penghargaan ke dua kalinya ini, Bupati meminta pada OPD-nya untuk tetap bekerja dan memberikan pelayanan terbaik bagi warga Kayong Utara. 


"Penghargaan ini berkat dukungan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Kayong Utara hingga kita  kembali

mencapai UHC dengan cakupan kepesertaan tertinggi se Kalbar" kata Bupati. (jah).

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar