6 Tempat Wisata Di Sintang Paling Populer | Borneotribun.com -->

Selasa, 03 November 2020

6 Tempat Wisata Di Sintang Paling Populer

6 Tempat Wisata Di Sintang Paling Populer

Butuh Liburan yang Menyenangkan? Cek Daftar Tempat Wisata Terbaik Di Sintang Kalimantan Barat. Destinasi wisata kekinian, paling populer dan cocok untuk kamu kunjungi saat liburan.

Liburan, menjadi agenda yang selalu menghadirkan keceriaan dan ditunggu-tunggu. 

Menambahkan jadwal liburan ke daftar aktivitas bulanan Anda bisa menjadi obat untuk menghilangkan stres dan stres, jika orang mengatakan bahwa kehilangan uang bukanlah masalah jika digunakan untuk menambah pengalaman dan wawasan budaya di tempat baru. 

Jadi, jika dalam waktu dekat Anda punya rencana untuk cuti kerja dan libur panjang yang pas, cobalah untuk lebih menjelajahi Indonesia, negara kita tercinta.

Coba mampir ke Indonesia bagian timur, tepatnya di Sintang, Kalimantan Barat. Banyak tempat wisata baru yang wajib dikunjungi. 

Tempat wisata di Siantang sebagian besar masih baru dan belum banyak diketahui wisatawan sehingga masih terasa sangat alami. Kalimantan terkenal dengan hutannya yang hijau, pepohonan yang rimbun, dan udaranya yang segar.

Begitu juga dengan Sintang, dengan julukan Senentang di bagian barat Kaliamantan, dijamin tidak akan menyesal bermain dan mencoba mengeksplorasi keanekaragaman flaura dan fauna di tempat wisata atau cagar alam, semua wisata mulai dari alam, air, makanan enak, tersedia lengkap di siantang. 

Berikut referensi yang bisa Anda gunakan jika ingin berlibur ke Sintang. Referensi tempat wisata terbaru dan menyenangkan

1. Bukit Kelam


Bukit Kelam
Kredit Gambar: Pesona.travel

Masyarakat setempat sering menyebut Bukit Kelam adalah sebagai Bukit Raya, ketinggian bukit ini mencapai 1.0002 meter atau 3.287 kaki, cukup tinggi dan membutuhkan waktu hingga 5 jam jika ingin sampai ke puncak bukit yang gelap. 

Pemandangan di sini masih alami dan segar, dengan bongkahan batu yang menjulang tinggi, gradasi warna yang sempurna di antara perbukitan, pepohonan yang rimbun, dan awan pasti akan membuat Anda terpana.

Ada banyak flora endemik seperti kantong semar dari spesies Nepenthes clipeata. Karena kawasan ini berpotensi menjadi tempat wisata, akhirnya pemerintah pun mengelolanya dengan lebih baik. 

Untuk menuju puncaknya kamu bisa menaiki tangga yang sudah tersedia di sebelah barat.

Lokasi: Merpak, Kec. Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia

2. Monumen Pancasila di Kota Sintang


Monumen Pancasila di Kota Sintang
Kredit Gambar: Pontianak.tribunnews.com

Tugu yang terletak di Jalan Apang Kota Siantang ini bisa dibilang ikon Siantang, bagi anda yang sedang berwisata ke Siantang jangan lupa mampir hanya untuk berfoto selfie.


3. Taman Nasional Bukit Baka


Taman Nasional Bukit Baka
Kredit Gambar: Ksmtour.com

Bagi anda yang ingin berwisata air di Sintang, Taman Nasional Bukit Baka adalah referensi yang tepat dan cocok. 

Wisata air dengan luas 1 hektar akan membuat Anda betah berlama-lama di dalamnya. 

Ada banyak taman bermain seperti water boom, indoor playground, water play dan masih banyak lagi. 

Taman Nasional Perbukitan Baka juga sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Jangan khawatir jika Anda pecinta alam sejati dan ingin sedikit mendaki, Anda bisa menikmati panorama alam di puncak bukit.

Kawasan hutan Bukit Raya merupakan perwakilan dari tipe ekosistem hutan hujan tropis perbukitan yang mendominasi puncak perbukitan Schwaner. Bukit ini juga merupakan gabungan dari cagar alam di Kalimantan Tengah.

Lokasi: Rantau Malam, Kec. Serawai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia.


4. Museum Dara Juanti


Museum Dara Juanti
Kredit Gambar: Reference.data.kemdikbud.go.id

Berlokasi di Kapuas Hulu, Museum Siantang Dara Juanti menyimpan berbagai bukti sejarah peradaban daerah Siantang serta bekas lokasi pusat pemerintahan kerajaan Siantang yaitu istana al-mukarramah. Buat kamu yang ingin berwisata sejarah, pas banget mampir ke wisata ini.

Ada pula peninggalan sejarah seperti Mariam rajalik, naskah al quran yang ditulis oleh sultan nata. 

Ada juga sisa-sisa raja yang memerintah pada masa kerajaan siantang, yang bisa digunakan untuk menambah wawasan Anda tentang sejarah.

Lokasi: Kapuas Kiri Hulu, Sintang, Kapuas Kiri Hilir, Kec. Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia.

5. Hutan Wisata Baning


Hutan Wisata Baning
Kredit Gambar: Wartawisata.id

Nah buat kamu yang ingin bermain-main di hutan tropis bisa mampir ke Hutan Wisata Baning yang ada di tengah kota Sintang tepatnya di kawasan Desa Baning dan Desa Tanjung Puri. 

Hutan ini merupakan hutan rawa gambut yang tergenang sepanjang tahun, sehingga banyak jenis tumbuhan endemik yang ada disana. Kalian yang mau menginap disini sudah bisa menyewa losmen kecil atau banyak.

Hutan wisata Baning merupakan satu-satunya hutan alam tropis di Indonesia yang terletak di tengah kota. 

Di kawasan ini terdapat berbagai tumbuhan langka seperti jelutung, ramin, rengas, resam, juga terdapat fauna langka seperti musang air, biawak, nuri dan sejenisnya.

Lokasi: Baning, Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia.


6. Taman Alun-Alun Kapuas


Tambahkan teksImage Credit: Kalimantanbaratweb.wordpress.com

Nah yang ini, bisa dibilang sebagai pamungkas dan penutup wisatamu, mampirlah di taman alun-alun kepuas, rehatlah sejenak sekedar melepas penat dengan ditemai minuman dingin atau jajanan yang ada di sekitar alun-alun. 

Nah yang ini bisa dibilang sebagai penutup dari wisata anda, mampirlah di alun-alun taman kepuasan, istirahat sejenak sejenak sekedar melepas lelah dengan minuman dingin atau jajanan di sekitar alun-alun.

Harga makanan ini masih merakyat banget jadi jangan takut keteteran dan ditembak harga turis. Atau hanya bersenda gurau dengan teman sambil menunggu malam tiba.

Harga makanan ini masih sangat terjangkau, jadi jangan jangan kwatir dengan harganya, terjangkau kok!. Atau sekedar bercanda dengan teman sambil menunggu malam tiba.

Alun-alun Kapuas sudah tersentuh modernisasi, terbukti dengan didirikannya air mancur tugu di tengah alun-alun membuat suasana meriah dan penuh warna. 

Bahkan air mancurnya sangat indah dengan arsitektur yang berkelas dan dijamin tidak akan mengecewakan.

Lokasi: Tj. Puri, Kecamaan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia.

Nah sepertinya 6 referensi tempat wisata di Sintang yang disajikan di atas sudah cukup ya kamu jadikan pedoman dalam memilih tempat wisata yang menarik di Kalimantan barat. 

Namun jika kamu merasa takut traveller sendirian, kamu juga bisa mencari informasi tentang penduduk setempat yang mau diajak sebagai tour guidemu. 

Perjalanan memakai tour guide tentu lebih ringkas dan cepat, kamu sudah tidak perlu bertanya-tanya lagi, selain itu kamu juga bisa mendapatkan informasi tambahan tentang tempat yang kamu kunjungi, jadi tambah wawasan ya.

Sumber: https://www.borneos.id/tempat-wisata-sintang

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar