Iklan

logo

Bagi Masyarakat Mau Donor Darah, UDD PMI Sanggau Siap Jemput Bola

BorneoTribun
1/26/2021 01:25:00 AM Last Updated 2021-01-25T18:25:48Z
Sekretaris PMI Kabupaten Sanggau, Urbanus.

BorneoTribun | Sanggau, Kalbar - Sekretaris PMI Kabupaten Sanggau, Urbanus menyampaikan bahwa berdasarkan pada perolehan kebutuhan darah tahun 2020 adalah berjumlah kurang lebih 4 ribu kantong darah dalam satu tahun.

Maka jika dibagi rata – rata dalam satu bulan kebutuhan darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Sanggau sebanyak 333 kantong.


“Ini kalau kita melihat perolehan kantong darah tahun lalu ya. Untuk itu kami menjadi kesulitan memenuhi stok darah jika dihitung pada posisi keperluan darah di masa pandemi Covid-19,” ujarnya, Senin (25/1).

Diawal tahun ini, kata Urbanus, pihaknya sudah menyusun rencana aksi kemanusiaan, terkhusus mengenai pemenuhan stok kebutuhan darah pada Bloodbank UDD PMI Kabupaten Sanggau.

“Kami mohon kepada masyarakat, lembaga pemerintah daerah, pihak perusahaan swasta, BUMN, dan seluruh masyarakat untuk tidak khawatir melakukan aksi donor darah sukarela di masa pandemi Covid-19 ini,” harapnya.

Ia memastikan pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semoga dengan begini target 333 kantong darah setiap bulan di tahun 2021 itu bisa tercapai.

Pihaknya siap jemput bola jika ada masyarakat yang akan melakukan aksi donor darah sukarela. “Kami siap mendatangi, istilahnya jemput bola, tinggal kita sepakati dimana,” terangnya.

Urbanus membeberkan update stok darah di UDD PMI Kabupaten Sanggau saat ini yaitu golongan A sebanyak 10 kantong, golongan darah B sebanyak 29 kantong, golongan darah AB sebanyak 1 kantong dan golongan darah O sebanyak 3 kantong.

Oleh: Liber
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bagi Masyarakat Mau Donor Darah, UDD PMI Sanggau Siap Jemput Bola

Terkini di BorneoTribun