Iklan

logo

Jepang Bertekad Selenggarakan Olimpiade, Paralimpiade

BorneoTribun
1/30/2021 02:31:00 AM Last Updated 2021-01-29T19:31:29Z
Jepang Bertekad Selenggarakan Olimpiade, Paralimpiade
Para pejalan kaki terlihat mengenakan masker saat melewati papan kampanye Olimpiade Tokyo di depan kantor sekuritas di Tokyo, Jepang, 29 Januari 2021.

BorneoTribun | Jepang- PM Jepang Yoshihide Suga, hari Jumat (29/1) menyatakan tekad bahwa Olimpiade Tokyo akan tetap berlangsung pada musim panas mendatang.

Pesta olahraga akbar itu ditunda tahun lalu karena pandemi virus corona. Berbagai jajak pendapat telah mengindikasikan bahwa masyarakat Jepang ingin acara ini ditunda di tengah-tengah berlanjutnya kekhawatiran mengenai perebakan virus.

Tetapi dalam pidato pada pertemuan virtual Forum Ekonomi Dunia (WEF), Suga menyatakan bertekad untuk terus maju dengan rencana penyelenggaraannya.

“Jepang, pada musim panas ini, akan menyelenggarakan Olimpiade dan Paralimpiade,” ujar Suga. “Sebagai simbol bahwa umat manusia telah mengalahkan virus corona dan dunia telah bersatu, kami bertekad untuk membuat Olimpiade terwujud yang memberi semangat dan harapan bagi dunia,” jelasnya.

Ketika ditanya apakah ada langkah-langkah konkret untuk memastikan Olimpiade yang aman dari Covid-19, Suga menjawab bahwa pemerintah sedang membahasnya. Tetapi ia menambahkan bahwa langkah-langkah dasar antivirus seperti mengenakan masker mungkin merupakan langkah yang paling efektif.

“Saya tahu ini adalah langkah-langkah dasar, tetapi jika semua orang di Jepang melakukannya, ini akan menjadi langkah paling kuat,” kata Suga.

Jepang mengalami lonjakan kasus dalam beberapa bulan ini, dan banyak daerah di negara itu kini di bawah perintah darurat.

Jumlah kematian di Jepang kurang dari 5.000, dan pihak berwenang mengendalikan perebakan virus ini jauh lebih baik daripada di banyak negara lainnya. [uh/ab]

Oleh: VOA Indonesia
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jepang Bertekad Selenggarakan Olimpiade, Paralimpiade

Terkini di BorneoTribun