Penipu Menjual Hard Disk Eksternal Viral Di Medsos, Ternyata Isi Flashdisk | Borneotribun.com -->

Rabu, 10 Maret 2021

Penipu Menjual Hard Disk Eksternal Viral Di Medsos, Ternyata Isi Flashdisk

Image Google

Tweet dari netizen @akiqaw menjadi sorotan netizen. Ia mengeluhkan minimnya pengalaman saat membeli Hard Disk Drive (HDD) Eksternal berkapasitas 2 TB di pasaran. Tweet-nya pun semakin memanas setelah disukai oleh 5,1 ribu tweet lainnya.

Pencuit membuka HDD karena penasaran. Ia kaget saat melihat yang disambungkan adalah flash drive dan yang membuatnya berat bukanlah komponen HDD melainkan besi pemberatnya.

Klik gambar untuk menuju sumber post



Pencuit mengungkapkan bahwa harga HDD palsu hanya berkisar Rp. 50 dari harga aslinya, jadi pembeli sama sekali tidak curiga dengan produk tersebut. Ternyata, bukan hanya ia  yang menjadi korbannya. Seorang rekan seorang netizen @dinaldinfatih awalnya mengeluhkan kecepatan transfer data HDD yang sangat lambat. Disebutkan HDD tersebut merupakan produk dari brand ternama dengan kapasitas 1 TB.

Mulai penasaran, rekannya membuka isi HDD tersebut. Ternyata apa yang ditemukan sama persis dengan yang ditemukan peluit itu.

Klik gambar untuk menuju sumber post

Selain berisi flashdisk, salah satu netter justru mendapatkan yang berisi HDD bekas saat membeli HDD berkapasitas 2 TB. Ia mengungkap meski kapasitas yang didapatkan benar, namun konektivitasnya sangat lambat serta data yang masuk akan selalu rusak (corrupt). 

Selain berisi flash disk, salah satu netizen justru mendapat satu berisi HDD bekas saat membeli HDD 2 TB. Ia mengungkapkan, meski kapasitas yang didapat sudah benar, namun konektivitasnya sangat lambat dan data yang masuk akan selalu korup.

Klik gambar untuk menuju sumber post

Saat ini tweeting sudah mendapat respon dari marketplace sehingga pengaduan mereka akan diselidiki secara pribadi. Beberapa netizen pun turut memberikan tanggapan atas kasus penipuan ini. “Sebut saja saya jadul, tapi inilah kenapa saya selalu minder. Setiap saya beli barang elektronik di olshop, saya lebih suka langsung ke toko supaya bisa lihat bentuknya dan dicoba,” tulis @StephenLZRS.

Klik gambar untuk menuju sumber post

“Kalau saya selalu coba beli di Official Store tinggal pilih (filter) Official Store, Insya Allah barang aslinya,” tulis @jowoboy_.

Salah satunya juga membagikan tips untuk mengecek keaslian isi HDD.

(Yk/Er)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar