Iklan

logo

Pantau Program PPKM Skala Mikro di Lombok Barat, Wagub NTB Minta Mantapkan Kampung Sehat

BorneoTribun
4/01/2021 07:58:00 PM Last Updated 2021-04-01T12:58:48Z
Pantau Program PPKM Skala Mikro di Lombok Barat, Wagub NTB Minta Mantapkan Kampung Sehat
Pantau Program PPKM Skala Mikro di Lombok Barat, Wagub NTB Minta Mantapkan Kampung Sehat.

BorneoTribun Lombok Barat, NTB - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Ir. Hj. Siti Rohmi Djalilah., M. Pd, melakukan Pemantauan Pelaksanaan PPKM Skala mikro, di Desa Kediri Selatan Kec. Kediri Kab. Lobar, Rabu (31/3/2021).

Pada kesempatan itu, Wagub NTB menyinggung bahwa PPKM Skala Mikro, memiliki keterkaitan dengan Lomba Kampung Sehat Jilid II di NTB.
“Program Kampung Sehat yang diinisiasi oleh Kapolda NTB, yang telah dijalankan seluruh berbagai pihak di Kabupaten Lombok Barat baik dari TNI Polri dan Pemerintah daerah,” ungkapnya.

Menurutnya, Sinergi TNI-Polri dan Pemerintahan Daerah Lombok Barat, dalam Program Kampung Sehat tersebut, dapat menekan penyebaran virus Corona 19, secara umum di wilayah NTB.
“Program tersebut bertujuan menciptakan masyarakat NTB yang SEHAT yang memiliki arti Steril, Bersih, Harmonis, Asri, dan Tangguh,” imbuhnya.  

Demikian juga dengan pelaksanaan PPKM Skala mikro di Lombok Barat, Siti Rohmi menilai secara umum sudah berjalan baik di Lombok Barat.

“Secara umum melalui data yang tersaji oleh Kabupaten Lombok Barat, bahwa pelaksanaan PPKM sudah berhasil dan mengalami progres yang semakin bagus,” ungkapnya.

Dikatakan pula bahwa, bila dilihat pada tingkat RT, Kabupaten Lombok Barat ini sebenarnya masuk Zona Hijau, hanya perlu melakukan perbaikan terkait data yang disajikan.

“Menyajikan Data setiap RT secara akurat, karena PPKM skala mikro ini target sasarannya adalah tingkat RT sehingga, bila terdapat warga yang positif Corona, tidak menyebar ke tempat lainnya,” pungkasnya.

Menurutnya, bila ini dilaksanakan dengan baik, kedepannya NTB tidak termasuk Daerah yang menjadi program PPKM dari pemerintah Pusat. 

“Caranya, bekerja sama mensukseskan program vaksinasi dan menghimbau masyarakat untuk patuh Prokes,” tandasnya.

Kemudian dilanjutkan dengan mengecek langsung, pos PPKM dan rumah isolasi sementara yang bertempat di dusun Sedayu Selatan Desa Kediri Selatan.

Sementara itu, Kapolres Lombok Barat Polda NTB AKBP Bagus S. Wibowo SIK, melalui Kasubbag Humas AKP Agus Pujianto, S.Pd mengatakan di Kabupaten Lombok Barat, Program PPKM Skala Mikro sejalan dengan Pelaksanaan Lomba kampung Sehat jilid II.

“Lomba Kampung Sehat Jilid II merupakan  Bagian dari PPKM Mikro, dan ini telah dilaksanakan, dengan membentuk Posko di Setiap Desa, pada masing-masing Program,” ungkapnya.

Menurutnya, ini juga terlihat dari percepatan pelaksanaan vaksinasi di Lombok Barat, dan sampai saat ini masih berjalan sesuai dengan target, dan telah melalui berbagai tahapan.

“Kegiatan Operasi Yustisi juga dikebut, yang diimbangi dengan pendampingan terhadap UKM dalam ketahanan pangan, serta menggali potensi-potensi yang dimiliki oleh Desa,” katanya.

Diharapkan bahwa, melaui Program PPKM Skala Mikro yang dikemas dalam Lomba Kampung Sehat Jilid II ini, membentuk kemandirian Desa dalam penanganan Covid-19 di Lombok Barat.

Oleh: Adbravo
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pantau Program PPKM Skala Mikro di Lombok Barat, Wagub NTB Minta Mantapkan Kampung Sehat

Terkini di BorneoTribun