Iklan

logo

1.000 Pohon Untuk Hijaukan Kota di Irak

BorneoTribun
6/21/2021 07:00:00 AM Last Updated 2021-06-21T00:00:00Z
1.000 Pohon Untuk Hijaukan Kota di Irak
Ilustrasi Gambar iStock.

BORNEOTRIBUN.COM - Sekelompok relawan di kota Sulaymaniyah, Irak, menanam pepohonan untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakat setempat. 

Beberapa LSM dan relawan di Sulaymaniyah berkumpul untuk menanam lebih dari 1.000 pohon untuk meningkatkan area urban yang hijau di kota itu. ​
Pemerintah Regional Kurdistan tahun lalu mengumumkan bahwa kota-kota di wilayah Kurdi itu berada di bawah standar global untuk menyisihkan sedikitnya 15-30% area hijau. LSM-LSM itu berusaha mengubahnya. ​

Relawan menanam bibit pohon di tempat yang dulunya merupakan tempat pembuangan sampah, dengan tujuan mengalihkannya menjadi taman, di Zakho, distrik Dohuk, Irak, 22 Januari 2020. (Foto: REUTERS/Ari Jalal)

"Hari ini kami berhasil menanam ratusan pohon. Kami berencana menanam lebih dari 1.000 pohon saat proyek ini selesai," kata Zimnako Ismail.

Kantong-kantong tanaman dengan berat dan nomor urut tertulis di atasnya terlihat sebelum diangkut untuk ditanam di sepanjang rute ziarah antara kota suci Muslim Syiah Irak, Najaf dan Karbala. (Foto: REUTERS/Akhtar Soomro)

"Ini adalah proyek penanaman pohon keempat yang kami ikuti. Sebelumnya kami melakukan kegiatan yang sama dengan Gunung Goizha, bukit Mama Yare, dan beberapa tempat lain di kota ini. Kami juga melakukan kegiatan kemanusiaan," ujar Shahez Abdulkhaliq​.

Tujuan penanaman pohon tersebut bukan hanya membuat keadaan jadi lebih indah dipandang, tapi juga memperbaiki lingkungan pada umumnya.

"Area hijau urban di Sulaymaniyah terus berkurang. Setiap tahun, kami berpartisipasi dalam berbagai aktivitas untuk melindungi lingkungan kota. Tahun ini kami melakukan aktivitas yang sama, dan kami harap usaha kami berhasil," kata Runak Heme Gherib​, Tim Pembawa Perdamaian Kristen​.

"Ada banyak mobil di kota ini yang menyebabkan polusi dan area hijau terlalu sedikit. Kami berencana meningkatkannya dengan menanam pepohonan, agar lingkungan lebih bersih dan penyakit berkurang. Kota ini sangat memerlukannya," tambah Shahez Abdulkhaliq​.

Para relawan yakin bahwa dengan area hijau tambahan, tidak hanya bisa menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakat, tapi juga membantu melawan perubahan iklim. [vm/ah]

Oleh: VOA
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 1.000 Pohon Untuk Hijaukan Kota di Irak

Terkini di BorneoTribun