Iklan

logo

Manfaat Gula Aren Untuk Penderita Asam Lambung

BorneoTribun
6/25/2021 06:17:00 PM Last Updated 2021-06-25T11:17:55Z
Manfaat Gula Aren Untuk Penderita Asam Lambung
Manfaat Gula Aren Untuk Penderita Asam Lambung.

BORNEOTRIBUN.COM - Gula aren merupakan salah satu jenis gula yang berasal dari pohon aren. 

Gula aren dikenal sebagai salah satu jenis gula yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. 

salah satu manfaat gula aren yang banyak diketahui masyarakat luas yakni fungsinya untuk mengatasi diabetes karena gula aren memiliki indeks glikemik yang rendah dan kadar gula yang rendah pula. 

Namun, selain untuk mengatasi diabetes gula aren juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan lain salah satunya yakni Asma Lambung.

Kandungan dalam gula aren
Gula aren merupakan gula murni yang tidak mengandung kimia, namun tetap memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. 

Gula aren memiliki indeks glikemik yang rendah dan kadar gula yang rendah sehingga tidak berbahaya jika dikonsumsi penderita diabetes.

Gula aren lebih unggur dibandingkan dengan gula pasirkarena kadar gula yang rendah dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Gula aren juga memiliki beberapa unsur farmakologi yang terkandung di dalamnya dan bermanfat untuk kesehatan, diantaranya Ribloflavin, Thiamin, Niacin, Ascorbic Acid, dan Kalsium.


Masing-masing fungsi dari kandungan tersebut diantaranya:

> Ribloflavin

Kandungannya yang dapat membantu proses pembentukan antibodi, energi, dan memperbaiki sel yang rusak serta memperbaiki sistem pencernaan.

> Thiamin

Kandungan yang berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme energi, serta menjadi salah satu unsur untuk menguatkan sistem syaraf.

> Niacin

Berfungsi sebagai koenzim yang membantu proses metabolisme alkohol, lemak dan glukosa dalam tubuh. fungsi yang sangat penting dari niacin yakni dapat meningkatkan kerja otak dan juga menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh.

> Ascorbic Acid

Kandungan yang berfungsi untuk mengatasi dan mencegah terjadinya asma dan penyakit kanker karena memiliki fungsi sebagai antibiotik.

> Kalsium

Seperti yang telah banyak diketahui, bahwa kalsium merupakan unsur yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, begitu juga dengan kalsium dalam gula aren.

Asam Lambung merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan karena asam lambung memiliki produksi berlebih dan kerusakan pada saluran lingkaran otot, sehingga asam lambung naik sampai esofagus. 

Mengatasi asam lambung, beberapa orang akan menyerahkannya pada tim medis dan mengonsumsi obat kimia yang disarankan oleh dokter. 

Selain menggunakan obat-obatan kimia asam lambung bisa di atasi menggunakan obat herbal atau alami, salah satunya dengan gula aren.

Salah satu unsur farmakologi dalam gula aren yakni Ribloflavin memiliki peran untuk mengatasi masalah pencernaan, salah satunya yakni masalah asam lambung. 

Riboflavin mampu mengganti sel yang rusak pada sisitem pencernaan sehingga mengembalikan kembali sel yang rusak menjadi sel baru yang tidak bermasalah lagi.


Cara mengatasi asam lambung dengan gula aren.

Mengatasi asam lambung dengan gula aren cukup mudah, cara yang perlu dilakukan diantaranya:

> Haluskan gula aren secukupnya, sesuai kadar yang diperlukan.

> Seduh dalam air panas.

> Minumlah seduhan air gula aren dalam keadaan hanyat.

Mengonsumsi seduhan gula aren dalam keadaan hangat setiap harinya, dapat memperbaiki kerusakan pada cincin esofagus dan mengembalikan sel rusak pada lambung akibat gesekan pada makanan. 

Dengan memanfaatkan gula aren untuk mengatasi masalah asam lambung, dapat dijadikan salah satu alternatif pengobatan dengan menghindari obat-obatan kimia.(*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Manfaat Gula Aren Untuk Penderita Asam Lambung

Terkini di BorneoTribun