Iklan

logo

Gempa 5,9 Guncang Perbatasan California-Nevada

BorneoTribun
7/10/2021 05:25:00 AM Last Updated 2021-07-09T22:25:57Z
Gempa 5,9 Guncang Perbatasan California-Nevada
Ilustrasi. Retakan terlihat di jalan di sebelah Gereja Komunitas Trona setelah gempa berkekuatan 7,1 SR pecah, dipicu oleh 6,4 pada hari sebelumnya, di dekat pusat gempa di Trona, California, AS, 6 Juli 2019. (Foto: REUTERS/David McNew)

BORNEO TRIBUN - Gempa bumi yang kekuatan awalnya mencapai 5,9 mengguncang perbatasan California-Nevada pada Kamis (8/7) sore kemarin.

Warga dari sekitar kawasan Danau Tahoe hingga Fresno melaporkan mereka merasakan getaran gempa itu, namun belum ada laporan tentang kerusakan atau korban cedera.

Survei geologi Amerika mengatakan gempa terjadi sekitar pukul 15.49 sore, di wilayah sekitar 402 kilometer timur San Fransisco dan selatan Danau Tahoe.

Pusat gempa terletak sekitar 32 kilometer barat daya Smith Valley, Nevada; diikuti selusin gempa susulan yang salah satu diantaranya berkekuatan 4,6.

Departemen Perhubungan di negara bagian Nevada mengatakan US 395 yang merupakan jalur darat utama di bagian utara Sierra Nevada ditutup karena longsoran batu.

Penutupan itu membentang sekitar 64 kilometer dari dekat kota Willow Springs hingga ke perbatasan Nevada.

“Meskipun tidak ada laporan awal tentang kerusakan dan cedera, ini merupakan situasi yang berkembang pesat dan rincian lebih lanjut akan disampaikan dalam beberapa jam mendatang,” cuit Kantor Layanan Darurat California.

“Kami bekerjasama erat dengan pejabat-pejabat lokal untuk memastikan bahwa mereka memiliki sumber daya dan dukungan yang cukup untuk bergerak cepat menanggapi gempa bumi ini,” tambahnya. [em/ft]

VOA
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gempa 5,9 Guncang Perbatasan California-Nevada

Terkini di BorneoTribun