Putin tidak pernah menolak untuk bertemu Zelensky, tetapi 'sebuah dokumen' perlu dirancang | Borneotribun.com -->

Jumat, 15 April 2022

Putin tidak pernah menolak untuk bertemu Zelensky, tetapi 'sebuah dokumen' perlu dirancang

Putin tidak pernah menolak untuk bertemu Zelensky, tetapi 'sebuah dokumen' perlu dirancang
Juru Bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov. (Mikhail Metzel/TASS)


BorneoTribun, Moskow -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Selasa bahwa dia percaya bahwa hanya Ankara yang mampu membantu mencapai kemajuan dalam negosiasi yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina.


Sementara, Dikutip Tass.com, Jum'at (15/4), bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin pada prinsipnya tidak pernah menolak untuk mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, tetapi sebuah dokumen harus disusun sebelum pertemuan tersebut dapat diatur, kata Juru Bicara Kepresidenan Dmitry Peskov, Kamis.


"Tidak ada novasi rinci mengenai masalah ini," kata Peskov berbicara pada jumpa pers harian. "Kami telah berbicara tentang pertemuan ini dengan mengatakan bahwa pada prinsipnya presiden [Rusia] tidak pernah menolaknya, tetapi kondisi tertentu harus diatur sebelum pertemuan ini, yaitu teks dokumen."


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Selasa bahwa dia percaya bahwa hanya Ankara yang mampu membantu mencapai kemajuan dalam negosiasi yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina.


Namun, Presiden Rusia Putin mengatakan pada hari Selasa bahwa Kiev mendorong negosiasi dengan Moskow ke jalan buntu lagi dengan menyimpang dari kesepakatan yang dicapai selama putaran Istanbul.


Perundingan Rusia-Ukraina dimulai pada 28 Februari dengan beberapa pertemuan antara kedua delegasi diadakan di Belarus. Kemudian, para perunding melanjutkan kontak melalui konferensi video. Pada 29 Maret, putaran pembicaraan tatap muka baru diadakan di Istanbul.


Operasi militer khusus Rusia di Ukraina

Pada 21 Februari, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pengakuan kedaulatan Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk. Rusia mengakui republik Donbass sesuai dengan konstitusi DPR dan LPR dalam batas-batas wilayah Donetsk dan Lugansk pada awal 2014.


Presiden Rusia Putin mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi pada 24 Februari bahwa sebagai tanggapan atas permintaan para kepala republik Donbass, dia telah membuat keputusan untuk melakukan operasi militer khusus di Ukraina untuk melindungi orang-orang "yang telah menderita pelecehan. dan genosida oleh rezim Kiev selama delapan tahun."


Pemimpin Rusia menekankan bahwa Moskow tidak memiliki rencana untuk menduduki wilayah Ukraina, mencatat bahwa operasi itu ditujukan untuk denazifikasi dan demiliterisasi Ukraina. DPR dan LPR melancarkan operasi untuk membebaskan wilayah mereka di bawah kendali Kiev.


(YK/ER)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar