Rusia akan mengambil tindakan pertahanan jika Swedia, Finlandia bergabung dengan NATO, diplomat senior memperingatkan | Borneotribun.com -->

Jumat, 15 April 2022

Rusia akan mengambil tindakan pertahanan jika Swedia, Finlandia bergabung dengan NATO, diplomat senior memperingatkan

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko. (Kementerian Luar Negeri Rusia/TASS)
Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko. (Kementerian Luar Negeri Rusia/TASS)


Borneo Tribun, Moskow -- Status netral Swedia dan Finlandia tidak menghalangi negara-negara ini dengan cara apa pun untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan Uni Eropa dan akhirnya menjadi anggotanya.


Dikutip Tass.com, Juma'at (15/4), Moskow akan mengambil langkah-langkah keamanan dan pertahanan yang diperlukan jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO, kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko kepada TASS, Kamis.


“Jelas bahwa perbatasan kami dengan Finlandia sepanjang 1.300 km. Ini berarti perubahan radikal dalam situasi militer dan politik dan dapat dimengerti bahwa kami akan dipaksa untuk mengambil langkah-langkah keamanan dan pertahanan yang kami anggap perlu. esensi pengembangan militer," kata diplomat senior Rusia itu, menanggapi pertanyaan tentang kemungkinan Rusia mengerahkan senjata nuklir di kawasan Baltik.


"Dalam kondisi saat ini, saya belum siap untuk mengatakan apakah ini nyata atau tidak [aksesi Swedia dan Finlandia ke NATO]," kata diplomat Rusia berpangkat tinggi itu, menjawab pertanyaan terkait.


"Selama beberapa dekade, status netral negara-negara ini telah memastikan tingkat keamanan yang sangat tinggi dan umumnya keamanan di wilayah yang telah menjadi wilayah perdamaian dan kerja sama dan, yang terpenting, platform yang sangat andal untuk membangun hubungan bertetangga yang baik dengan kami. ," kata Grusko.


Status netral Swedia dan Finlandia tidak menghalangi negara-negara ini dengan cara apa pun untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan Uni Eropa dan akhirnya menjadi anggotanya, diplomat senior Rusia itu menunjukkan.


Berdasarkan pertimbangan rasional dan kepentingan vital masyarakat yang tinggal di utara Eropa, situasi saat ini harus dipertahankan, Grushko menekankan.


"Jika tidak, ini akan memperburuk situasi militer secara serius dan membawa konsekuensi yang paling tidak diinginkan yang perlu dihindari," ia memperingatkan.


Menjawab pertanyaan tentang kontak Moskow dengan Helsinki dan Stockholm setelah diskusi yang sedang berlangsung di negara-negara ini tentang kemungkinan aksesi mereka ke NATO, Grushko menunjukkan bahwa "kontak diplomatik selalu dipertahankan dan ada kedutaan." “Tetapi Swedia dan Finlandia telah bergabung dengan sanksi dan berpartisipasi dalam kampanye anti-Rusia yang diluncurkan di Barat. Ini adalah kenyataan hari ini.”


Surat kabar The Times sebelumnya melaporkan, mengutip sumber bahwa kedua negara mungkin sudah bergabung dengan NATO pada musim panas tahun ini. Menurut surat kabar itu, Finlandia diperkirakan akan mengajukan tawaran keanggotaan NATO pada Juni yang akan diikuti oleh Swedia. Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev mengatakan pada hari Kamis bahwa Rusia akan memperkuat perbatasan baratnya, jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO dan dalam hal ini "tidak ada pembicaraan tentang status bebas nuklir di kawasan Baltik.".


(YK/ER)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar